Tentang kesehatan

Rasa Sakit dari Kawat Gigiewasa ini, semakin banyak orang yang memutuskan untuk memakai kawat gigi atau braces untuk memperindah senyum atau untuk memperbaiki fungsi gigi dan mulut. Gigi-gigi yang tidak tersusun rapih dapat menyebabkan

kesulitan ketika makan, kesulitan berbicara dan memberi dampak negatif pada tampang fisik seseorang.

Apabila Anda memakai kawat gigi ini, besar kemungkinannya bahwa Anda akan mengalami rasa sakit dan nyeri pada gigi dan gusi Anda. Anda juga mungkin menderita rasa sakit di daerah sisi kiri dan kanan mulut yang diaikbatkan oleh kawat yang bergesekan.

Rasa sakit ketika pembetulan posisi ini juga dikarenakan gigi Anda yang dipaksa bergerak. Ini menyebabkan sel-sel tulang dan jaringan di mulut Anda hancur dan pembentukan sel-sel baru terjadi. Proses ini biasanya berlangsung selama sekitar 3 minggu. Inilah yang menjadi penyebab mengapa dokter gigi Anda akan menganjurkan pengecekan rutin sekitar 4 hingga 6 minggu sekali. Kawat gigi jaman sekarang juga menggerakkan gigi secara perlahan dalam jangka waktu yang panjang. Ini berarti gigi Anda akan terus-menerus bergerak hingga pada akhirnya, kawat gigi Anda kembali ke bentuk dan ukurannya yang semula.

Terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa nyeri pada gigi ketika kawat gigi Anda baru dipasang atau baru dibetulkan setiap 6 hingga 8 minggu. Ketika Anda berada di dokter gigi, pastikan bahwa kawat gigi Anda terasa baik-baik saja karena dokter gigi Anda mampu membetulkan kawat gigi Anda ke posisi dimana penggunaan lilin gigi tidaklah diperlukan. Terkadang, terdapat kesulitan yang akan mengharuskan Anda untuk menggunakan lilin ini untuk beberapa minggu.

Dokter gigi Anda dapat memberi Anda lilin gigi yang bisa ditempatkan di ujung-ujung yang tajam dari kawat gigi Anda. Usahakan untuk menjaga area yang diberi lilin sekering mungkin. Dengan begini, lilin akan menempel pada gigi Anda untuk waktu yang lebih lama. Lilin ini tersedia dalam berbagai warna dan beberapa lilin bahkan memiliki rasa mint.

Lilin ini juga dapat menjadi sangat bermanfaat apabila Anda menderita nyeri gusi di sebelah atas kawat gigi Anda. Anda juga bisa mempergunakan Anbesol atau obat bius lain dari doket gigi Anda agar Anda tetap bisa makan dan berbicara secara normal seperti biasanya.

Apabila Anda akan pergi ke dokter gigi untuk memasang kawat gigi untuk pertama kalinya atau untuk pembetulan rutin kawat gigi Anda, ada baiknya apabila Anda meminum 2 tablet ibuprofen sekitar 1 jam sebelum pergi ke dokter gigi. Ibuprofen akan membantu mengurangi pembengkakkan pada gusi dan ibuprofein bekerja lebih baik daripada acetaminophen.

Setelah pemasangan kawat gigi pertama Anda, mulut Anda akan terasa janggal atau bahkan sakit. Cara terbaik untuk mengatasi ini adalah dengan berusaha untuk tetap rileks. Rilekskan mulut Anda dan anggaplah bahwa semuanya dalam keadaan normal. Rasa sakit akan sangat terasa pada beberapa hari pertama terutama ketika Anda makan. Banyak yang merasa bahwa mengonsumsi makan lunak untuk 2 hari pertama dapat membantu proses adaptasi ini.

Salah satu trik lain untuk mengurangi rasa sakit adalah dengan menggosok gigi serta menggunakan benang gigi secara teratur. Dengan melakukan kedua proses ini secara teratur, Anda mencegah proses pembusukkan gigi dan masalah gusi lainnya. Anda tentu saja tidak ingin masalah-masalah ini untuk menyerang Anda karena, jujur saja, masalah-masalah ini akan memperparah rasa sakit yang sedang Anda alami.

Salah satu cara lain untuk menjaga gigi Anda tetap bersih adalah dengan menggunakan semprotan air. Anda dapat menembakan air ke gigi Anda untuk mendorong keluar sisa-sisa makan dari kawat gigi Anda. Gigi Anda yang sedang bergerak perlahan ini akan semakin terasa sakit apabila terdapat sisa-sisa makanan yang mengganjal.