Tentang kesehatan

kawat gigiemakin banyak orang dewasa dan anak-anak yang menggunakan kawat gigi untuk merapikan gigi dan memperindah senyum mereka. Perawatan kawat gigi yang baik merupakan aspek penting dalam merawat gigi dan membuat wajah Anda bersinar cerah.

Salah satu tantangan pada orang-orang yang memakai kawat gigi adalah menjaga agar gigi mereka tidak berlubang. Meskipun kawat gigi adalah alat yang sangat berguna untuk meluruskan gigi, kawat gigi juga berpeluang besar untuk

menampung sisa-sisa makanan yang mendorong tumbuhnya bakteri dan plak. Hal ini akan meningkatkan risiko berkembangnya gigi berlubang.

Perawatan kawat gigi pada dasarnya adalah sama antara anak-anak dengan orang dewasa. Jika kita berpikir tentang kawat gigi, pasti bayangan kita adalah selarik logam yang menghias senyum seseorang, tetapi beberapa produk kawat gigi sekarang ada yang berwarna bening. Meskipun bening, bukan berarti Anda akan dapat melihat semua sisa-sisa makanan yang terselip di sela-sela kawat gigi.

Anda akan belajar bahwa apa yang Anda makan juga dapat menimbulkan masalah gigi. Gula dan pati bisa memberi makan bakteri dalam mulut Anda dan mendorong bakteri tersebut untuk tumbuh dengan cepat dan memproduksi asam yang akan mengikis gigi dan menyebabkan kerusakan pada gigi. Asam ini dapat menyerang gigi Anda selama 20 menit atau lebih setiap kali Anda makan.

Karakteristik makanan, gula dan bakteri harus selalu diperhatikan saat Anda makan. Misalnya, Anda harus menyikat gigi dalam waktu lima menit setelah makan untuk menghilangkan gula. Anda harus membatasi konsumsi makanan yang bisa lengket pada gigi seperti seperti permen dan raisin. Yang harus lebih diperhatikan adalah seberapa sering Anda makan makanan manis, bukan banyaknya jumlah makanan manis yang Anda makan. Mengkonsumsi makanan manis di malam hari lebih berakibat buruk pada gigi, karena akan tetap menempel di gigi sepanjang malam.

Merawat gigi yang terpasang kawat gigi di antaranya adalah dengan menyikat gigi dan membersihkan gigi dengan benang gigi (flossing). Melakukan flossing lebih sulit dan bisa membuat leher Anda nyeri saat melakukannya.  Anda harus menggunakan threader agar benang gigi bisa masuk di bawah kawat gigi, lalu bersihkan sela-sela gigi menggunakan benang tersebut. Walaupun memakan banyak waktu, hal itu memang harus dilakukan.

Menyikat gigi dengan benar juga merupakan bagian dari perawatan gigi yang harus dilakukan baik oleh anak-anak atau orang dewasa. Yang terbaik adalah menyikat gigi dalam waktu lima menit setelah makan, bahkan jika Anda hanya makan snack tetapi terutama setelah Anda makan makanan utama. Anda dapat membawa sebuah paket perawatan gigi, sehingga Anda dapat menyikat dan merawat gigi saat Anda makan di luar. Paket itu bisa Anda masukkan dalam tas kosmetik Anda, dan biasanya berisi pasta gigi ukuran kecil, sikat gigi, threader, benang gigi, dan sedikit obat kumur jika Anda terbiasa menggunakan produk tersebut.

Ada beberapa tips dan trik untuk menyikat gigi yang terpasang kawat gigi. Perhatikan dengan seksama untuk menyikat di sela-sela kawat gigi dan gusi untuk menghilangkan setiap partikel makanan. Tanyakan pada dokter gigi untuk mendapatkan sikat khusus yang bisa digunakan untuk melakukan hal itu. Bersihkan gigi dengan benang gigi setidaknya setiap malam dan gunakan perangkat interdental di siang hari untuk menghilangkan partikel-partikel makanan. Gunakan teknik menyikat yang sama setiap hari sehingga tidak ada area yang terlewat untuk disikat. Anda juga bisa menggunakan perlengkapan air untuk mulut yang dapat membantu menghilangkan partikel makanan dari bawah kawat gigi. Ini hanya sekadar perawatan tambahan dan tidak bisa digunakan untuk menggantikan sikat gigi dan benang gigi.