saluran akarSeperti yang diketahui jutaan orang di seluruh dunia, gigi sensitif dapat membuat hidup Anda menjadi mimpi buruk. Gigi sensitif datang dengan rasa sakit dan rasa tidak nyaman yang bisa membuat kebiasaan makan dan minum makanan kesukaan Anda menjadi pengalaman yang penuh rasa sakit. Meskipun anda memiliki gigi yang sensitif, Anda harus yakin bahwa mereka dapat diobati.

Biasanya, kondisi ini menyebabkan sakit gigi setelah

meminum cairan dingin, makan makanan yang panas atau dingin atau menghirup udara yang dingin. Jika rasa sakitnya menjadi sangat sakit sekali, Anda harus menemui dokter gigi Anda secepatnya karena kemungkinan syaraf gigi Anda tidak terlindungi. Biasanya, gigi menjadi sensitif ketika gusi mulai terlepas dari gigi. Dengan adanya gusi sebagai selimut pelindung gigi, gusi menutupi dan melindungi akar gigi. Ketika gusi menyusut dan terlepas dari gigi, akar gigi menjadi tanpa perlindungan dan karena itu akan menjadi tidak terlindungi.

Ujung akar gigi yang terbuka dan tidak terlindungi tersebut berisi tubulus kecil yang mengarah langsung ke syaraf gigi. Setiap kali ada tekanan, unsur panas atau dingin turun melalui tubulus tersebut akan memicu syaraf dan mengakibatkan rasa sakit. Mereka yang tidak memiliki gigi sensitif memiliki gusi yang menyelubungi tubulus sehingga mencegah hal seperti ini terjadi.

Idenya disini adalah menghentikan sensitifitas gigi dan menjaga kesehatan gusi. Jika Anda mengurangi tekanan ketika menyikat gigi, Anda akan mendapati gusi Anda tetap sehat. Kebanyakan orang ketika diajari menyikat gigi diajarkan untuk menggunakan banyak tenaga. Sementara hal ini bisa membuat gigi bersih, hal ini juga dapat mengoyak gusi sehingga mengakibatkan gigi sensitif. Jika Anda saat ini memiliki gigi sensitif, Anda harus mencoba menggunakan sikat gigi elektrik.

Meskipun Anda mungkin saat ini memiliki gigi sensitif, ada cara-cara yang dapat dilakukan untuk membantu memperbaiki gusi dan gigi Anda. Ada beberapa pasta gigi tersedia di pasaran yang mengandung kalium nitrat yang dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang berhubungan dengan kepekaan gigi.

Obat kumur yang mengandung fluoride juga dapat membantu sensitivitas gigi. Anda juga dapat meminta dokter gigi Anda obat kumur yang ia rekomendasikan karena ada beberapa yang bisa dipilih.

Jika Anda mulai menggunakan pasta gigi dan obat kumur yang mengandung fluoride, Anda akan melihat sedikit peningkatan pada gigi dan gusi Anda. Sensitivitas akan perlahan menghilang sehingga memberikan kelegaan bagi Anda. Ketika Anda menyikat gigi lakukan dengan lembut dan hindari menggunakan kekuatan karena akan selalu membuat gusi Anda menyusut lagi.

Jika penggunaan obat kumur fluoride tidak mengatasinya, Anda harus menanyakan pada dokter gigi Anda tentang pilihan lain yang tersedia bagi Anda. Dokter gigi Anda tahu apa yang bisa menolong Anda, jadi jangan ragu untuk bertanya. Dokter gigi Anda akan tahu bagaimana menghilangkan sensitivitas gigi Anda untuk selamanya dan bagaimana untuk mencegahnya kembali lagi. Sensitivitas gigi adalah sesuatu yang harus dihadapi oleh sebagian besar orang, meskipun terdapat cara-cara yang bisa dilakukan untuk melawan dan mencegah rasa sakit dan rasa tidak nyaman yang berhubungan dengan sensitivitas gigi sehingga membuat hidup Anda lebih berat dari seharusnya.