Merawat Gigi Palsuanyak orang di seluruh dunia yang menggunakan gigi buatan atau gigi palsu, pegangan gigi palsu atau alat-alat lain yang membuat senyum mereka menjadi lebih menarik atau membuat mereka lebih mudah mengunyah saat makan.

Gigi membantu kita menghasilkan senyum yang indah yang bisa kita berikan kepada dunia, makan, berbicara dan

mengekspresikan diri kita. Itulah mengapa rata-rata orang akan menghabiskan jutaan rupiah untuk menggantikan kegunaan dari gigi mereka yang telah hilang.

Perawatan gigi palsu sangat penting setelah Anda membelinya. Walaupun dokter gigi Anda telah mencabut beberapa atau bahkan semua gigi yang masih tertinggal di mulut Anda, Anda masih harus melanjutkan perawatan gigi setiap hari.

Gigi palsu atau alat-alat lain di dalam mulut Anda adalah investasi untuk kesehatan, kesenangan, dan penampilan Anda. Alat-alat tersebut mungkin berharga jutaan atau bahkan puluhan juta rupiah, maka merawat gigi palsu tidaklah lebih dari investasi Anda.Terdapat beberapa macam langkah untuk merawat gigi palsu yang akan membantu Anda untuk tidak mengambil jalan pintas yang akan membuat kotor, rusak atau bahkan tidak bisa digunakan sama sekali. Hal tersebut akan membuat gigi palsu atau alat-alat lainnya tidak nyaman untuk digunakan.

Ketika Anda menempatkan gigi palsu di mulut Anda, biasanya Anda ingin mencoba bahan perekat gigi yang baik terlebih dahulu, sampai Anda menemukan salah satu yang membuat gigi palsu Anda melekat dengan sempurna dan bekerja dengan baik sepanjang hari. Jika Anda meletakkan alat-alat tersebut ke dalam gigi Anda sering kali mengakibatkan rasa sakit atau pemasangan yang tidak tepat yang bisa menimbulkan suara Anda menjadi buruk, susah makan dan gigi palsu tersebut jatuh ketika anda tersenyum.. Ups!!

Ketika Anda melepas gigi palsu atau alat-alat lainnya, sebaiknya Anda menyikatnya setidaknya setiap hari. Waktu yang paling baik untuk melakukannya adalah malam hari setelah Anda selesai makan atau ketika menjelang tidur. Gunakan sikat gigi yang disarankan oleh dokter Anda dan rawatlah gigi palsu Anda seperti Anda merawat gigi Anda sendiri. Anda dapat merendamnya semalaman pada larutan yang telah disarankan, kecuali Anda memakainya selama Anda tidur. Pada keesokan harinya Anda harus membersihkan semua kotoran yang berasal dari pasta gigi yang tertinggal atau larutan rendaman dan gunakan pencuci mulut non-alkohol untuk anti bakterinya.

Tetapi semua  ini harus dilakukan menurut ketentuan. Ketika Anda menyikat gigi palsu atau alat-alat lain, Anda sebaiknya menyikat lidah dan gusi Anda juga untuk mengurangi jumlah bakteri yang berkembang di dalam mulut Anda.Jika Anda mendapati ada suatu kesalahan dengan gigi palsu atau alat-alat lainnya, sebaiknya bertanyalah pada dokter Anda. Ketika Anda melepaskannya pada di waktu malam untuk merawatnya, amatilah sumbingan, bengkokan, retakan atau lengkungannya.

Jika Anda tidak memasukkan gigi palsu ke dalam mulut Anda selama lebih dari 24 jam, mulut Anda akan kembali ke  posisi semula seperti sebelum menggunakan gigi palsu tersebut. Hal ini akan menyulitkan pada saat pemasangan gigi palsu Anda dan bahkan akan terasa nyeri.

Beberapa hal yang seharusnya tidak dilakukan ketika Anda merawat gigi palsu dan alat-alat lainnya. Jangan menggunakan kertas pasir atau ampelas untuk memperbaiki gigi palsu. Anda akan mengikisnya dan kemungkinan tidak bisa diperbaiki lagi. Jangan membersihkan gigi palsu dengan air mendidih kerena juga akan melelehkan produk yang terdapat pada gigi palsu tersebut. Jangan menggunakan tepung yang mempunyai kemampuan untuk mengasah ketika membersihkan gigi palsu tetapi gunakanlah pasta gigi yang disarankan oleh dokter gigi Anda. Tepung tersebut tidak hanya akan merusak gigi palsu tetapi juga bisa berpengaruh terhadap tubuh Anda. Akan sangat sulit untuk membersihkan kotoran yang terdapat pada gigi palsu Anda dengan menggunakan tepung tersebut.

Merawat gigi palsu tidaklah sulit tetapi hal ini membutuhkan sedikit waktu dan usaha untuk menjaga investasi yang Anda buat saat pertama kali duduk untuk membeli dan melekatkan gigi palsu dan peralatan lainnya. Dengan gigi palsu yang baik, Anda akan dihargai karena senyum indah Anda, alat-alat yang berfungsi dengan baik, juga kemampuan makan dan berbicara tanpa adanya kesulitan apapun.