gigi sakit cap=A]nsietas dental atau ketakutan terhadap dokter gigi adalah masalah yang dimiliki banyak orang dan sesuatu yang relatif sulit untuk diatasi. Ketakutan ini biasanya akan mencegah orang yang berfikir rasional untuk mengunjungi dokter gigi dan menjaga kesehatan gigi mereka. Kunci untuk menjaga gigi Anda tetap sehat adalah dengan

mencegah masalah sebelum terjadi. Mereka yang menderita ansietas dental akan mencoba untuk tidak pergi ke dokter gigi, yang akhirnya menyebabkan berbagai masalah.

Ketika seseorang yang menderita ansietas dental memutuskan untuk pergi ke dokter gigi, biasanya mereka mengetahui bahwa bahkan masalah terkecil sekalipun dapat berubah menjadi serius dan memerlukan lebih banyak intervensi dan kerja keras dari dokter gigi. Meskipun Anda mungkin tidak menyadarinya, kunjungan rutin untuk membersihkan gigi ke dokter gigi adalah cara terbaik untuk menjaga gigi Anda tetap sehat, dan mencegah berbagai masalah seperti gigi berlubang dan kerusakan gigi.

Anda dapat menggunakan beberapa teknik untuk mengatasi ansietas dental. Beberapa teknik menggunakan obat-obatan penenang ringan, juga disebut sebagai sedasi. Sedasi adalah cara untuk membuat tenang atau relaks, diberikan melalui pernapasan atau IV (intravena) lewat pembuluh darah di lengan Anda. Sedasi akan membantu Anda untuk tenang, meskipun secara normal Anda dapat terjaga untuk menjawab pertanyaan atau berbicara dengan dokter gigi Anda.

Beberapa orang yang menderita ansietas dental pernah memiliki pengalaman buruk terhadap perawatan gigi. Setiap jenis pengalaman negatif tentang perawatan gigi biasanya akan menghasilkan luka emosional dan bertahan selama bertahun-tahun. Apa pun yang menyebabkan perasaan negatif pada pasien, biasanya akan menyebabkan mereka merasakan perasaan negatif terhadap semua dokter gigi, meskipun tidak semua dokter gigi tidak baik - sebuah pengalaman negatif pasti akan membuat pasien merasa seperti itu.

Ketika Anda akan memilih seorang dokter gigi, Anda harus selalu bertanya tentang dokter gigi yang dikunjungi dan disarankan oleh keluarga dan teman-teman Anda. Saat anda berkunjung ke dokter gigi, jangan ragu untuk bertanya kepadanya tentang apapun yang ada di pikiran anda, sehingga Anda bisa lebih santai. Anda harus selalu ingat bahwa Anda adalah pelanggan, dan dokter gigi adalah orang yang perlu membuat Anda merasa rileks. Seharusnya Anda tidak pernah merasa terintimidasi karena seorang dokter gigi terbaik akan melakukan segalanya yang dapat mereka laukan untuk membangun rasa saling percaya.

Membangun kepercayaan sangat penting bagi hubungan pasien dan dokter gigi. Anda akan pergi ke dokter gigi Anda dengan jadwal kunjungan yang sering, sehingga Anda dapat memastikan bahwa Anda dapat mempercayainya. Jika Anda pergi ke dokter gigi Anda untuk pertama kalinya, Anda harus memberitahunya tentang tentang ansietas dental yang Anda miliki. Jika ia tidak bersedia membicarakannya dengan Anda atau melakukan hal-hal yang dapat membantu Anda rileks, maka Anda harus mencari dokter gigi yang baru.

Anda dapat selalu mengetahui siapa dokter gigi yang lebih baik dengan melihat jenis fasilitas yang mereka miliki. Dokter gigi yang memiliki banyak pelanggan atau tempat praktek yang bagus, telah membangun diri mereka dan membuktikan bahwa mereka memang yang terbaik. Jika dokter gigi memiliki banyak pelanggan, hal ini membuat Anda untuk mengetahui bahwa ia memiliki banyak pelanggan karena suatu alasan. Mereka yang puas dengan pelayanan seorang dokter gigi, normalnya akan kembali lagi.

Jika Anda menderita ansietas dental, Anda harus selalu memberitahukan ke dokter gigi Anda sebelumnya. Dengan begitu, ia akan bekerjasama dengan Anda untuk mengatasi rasa takut Anda. Seiring berjalannya waktu, Anda akan dapat mengatasi rasa takut Anda dan menjalin hubungan baik dengan dokter gigi Anda. Anda pasti dapat mengatasi rasa takut anda terhadap dokter gigi, tidak peduli seberapa buruk ketakutan yang mungkin Anda miliki. Proses ini akan membutuhkan beberapa waktu lamanya, namun dokter gigi Anda harus bersedia bekerja sama dengan Anda. Sebelum Anda sadari, Anda telah mengatasi rasa takut Anda dan Anda akan lebih bersedia untuk pergi ke dokter gigi Anda.