Tentang kesehatan

Menangani  Gigi Bermasalahomposisi gigi pada manusia dikenal sebagai tiga set geraham, gigi bungsu adalah set gigi terakhir yang muncul di mulut, yang biasanya terjadi di sekitar usia 17 - 25 tahun. Selama bertahun-tahun, telah terjadi banyak kontroversi terhadap perlu tidaknya untuk menyingkirkankan gigi ini. Jika gigi tidak menyebabkan bahaya atau sakit, gigi tersebut tidak ada masalah dan akan  tetap di tempatnya. Jika gigi-gigi tersebut

menyebabkan posisi buruk atau menimbulkan rasa sakit atau ketidaknyamanan, gigi-gigi tersebut  perlu untuk disingkirkan dengan cara mencabutnya.

Ketika gigi bungsu pertama muncul, pada umumnya  akan terpengaruh. Gigi yang terpengaruh biasanya akan  perlu dirapikan. Kadang-kadang gigi tersebut bisa dicabut, meskipun dalam kebanyakan kasus mereka harus dipotong oleh seorang ahli bedah yang berpengalaman. Ketika saatnya tiba untuk gigi bungsu Anda dirapikan, Anda harus pergi ke ahli bedah mulut dan melakukan konsultasi dulu.

Selama konsultasi, Anda akan difoto beberapa kali dengan menggunakan x-ray yang akan memberikan informasi kepada ahli bedah seberapa buruk gigi bungsu Anda. Dia akan mendiskusikan hasilnya dengan Anda, memeriksa di mulut Anda, kemudian memberi tahu Anda pilihan-pilihan  apa saja yang Anda miliki. Jika dia akan mencabut atau memotong gigi Anda, Anda akan memiliki pilihan untuk menggunakan anestesi lokal atau menggunakan sedasi IV. Sedasi IV adalah cara yang disukai untuk merapikan gigi bungsu, karena Anda akan merasa sangat santai sehingga Anda tidak akan tahu apa yang sedang terjadi. Jika Anda memutuskan untuk hanya menggunakan anestesi lokal, yang mati rasa, Anda harus mengetahui prosedur sepenuhnya. Anda juga akan mendengar komentar dan proses pengerjaan yang terjadi, yang dapat membuat Anda merasa sangat tidak nyaman.

Tergantung pada bentuk, ukuran, dan formasi gigi bungsu Anda, proses pencabutan dapat bervariasi dari mudah sampai sulit. Jika ujung akar telah berhasil mengakar di sekitar tulang, proses pencabutan bisa sangat memakan waktu dan sangat menyakitkan. Setelah pencabutan telah selesai, biasanya ada sedikit pembengkakkan atau bahkan mungkin juga tidak ada pembengkakkan yang terjadi. Dokter gigi akan memberi resep obat sakit, yang harus Anda gunakan segera setelah Anda tiba di rumah. Jika Anda akan menggunakan obat sedasi IV, Anda memerlukan seseorang untuk menemani Anda, karena Anda tidak akan bisa menyetir pulang sendiri.

Setelah pencabutan gigi bungsu Anda, dokter gigi Anda akan memberitahukan apa yang perlu Anda lakukan untuk memastikan penyembuhan yang tepat untuk gusi dan mulut. Biasanya, ia akan meminta Anda  untuk berkunjung kembali, untuk memastikan bahwa Anda tidak mengalami masalah dalam proses penyembuhan. Seseorang perlu menjaga Anda selama 24 jam pertama, untuk memastikan bahwa Anda baik-baik saja. Anda tidak akan bisa makan makanan tertentu selama 48 jam pertama, seperti yang sudah diketahui. Setelah gigi bungsu dicabut, Anda akan merasakan kenyamanan yang lebih baik di mulut Anda, dan kesehatan Anda.