Tentang kesehatan

sikat gigiaat ini kita semua menyadari pentingnya menjaga diri dalam keadaan yang sehat. Siapapun yang memiliki televisi atau akses ke internet akan mengetahui bahwa kesehatan adalah salah satu hal paling berharga yang kita miliki.

Kita seringkali mendengar tentang pentingnya mengawasi berat badan kita, mengawasi asupan kalori kita dan menjauhi terlalu banyak asupan lemak. Namun, seberapa sering kita mendengar peringatan tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi kita?

Sejujurnya, mungkin saya mulai peduli terhadap kesehatan gigi karena saya anak perempuan dari seorang dokter gigi dan sekarang menjadi istri dari seorang dokter gigi. Namun terlepas dari itu, saya prihatin terhadap kurangnya kepedulian di lingkungan sekitar saya terhadap kesehatan gigi.

Saya melihat terlalu banyak orang minum minuman yang penuh dengan gula setiap hari, tanpa menyisihkan waktunya untuk menyikat gigi atau berpikir tentang apa yang sedang mereka lakukan terhadap kesehatan giginya.

Salah satu cara paling dasar yang dapat Anda lakukan untuk merawat gigi Anda ke arah yang lebih baik adalah melakukan pemeriksaan gigi ke dokter gigi. Saya tahu, banyak orang tidak suka pergi ke dokter gigi karena ketakutan terhadap apa yang akan terjadi disana. Tetapi saya menjamin bahwa Anda akan merasa senang begitu Anda selesai mendapatkan pemeriksaan dan pembersihan terhadap gigi Anda.

Carilah dokter gigi yang bagus di daerah Anda melalui surat kabar, buku telepon, pencarian online, atau dengan bertanya ke teman Anda. Temukan saja seorang dokter gigi dan berkunjunglah kepadanya. Ini merupakan jalan terbaik dalam memulai perawatan gigi Anda seumur hidup.

Langkah kedua Anda dalam merawat gigi adalah menyikatnya secara teratur. Saya tahu ini terdengar sederhana dan cukup jelas, tetapi mungkin Anda akan terkejut ketika menyadari bahwa hanya segelintir orang yang menyikat giginya secara teratur.

Saya tahu begitu banyak orang (termasuk anak-anak, remaja, dan orang dewasa) yang hanya menyikat gigi sekali sehari atau bahkan kurang dari itu! Terdengar menjijikkan? Ya!. Anda seharusnya menyikat gigi minimal dua kali sehari. Mulailah dari sekarang membuat kebiasaan baik bagi gigi Anda dengan menyikat gigi setelah bangun tidur di pagi hari dan sebelum pergi tidur di malam hari.

Penggunaan benang gigi (flossing) merupakan elemen penting ketiga bagi perawatan gigi yang baik. Saya tidak menggunakan benang gigi hingga saya dewasa, namun sejak saya menggunakannya, saya tidak ingin menghentikannya.

Penggunaan benang gigi merupakan suatu hal kecil yang memberikan dampak yang besar. Merawat gigi hingga begitu detail merupakan suatu refleksi tingkat kepedulian Anda terhadap tubuh dan kesehatan Anda sendiri.