Tentang kesehatan

gigi palsuenyakit ini disebut sebagai sariawan. Ketika terbentuk infeksi di membran mukosa mulut, bisa jadi ada beberapa alasan di belakangnya. Penyebabnya bisa jamur, bakteri, atau suatu penyakit. Salah satu sebab yang mungkin infeksi di mulut adalah jamur Candida albicans. Infeksi ragi di mulut bayi seringkali disebut sebagai

guam, sedangkan yang di mulut dan tenggorokan orang dewasa disebut kandidiasis atau morniliasis.

Kandida yang juga dikenal sebagai Monilia (sehingga disebut morniliasis) adalah jamur yang muncul secara alami yang terlihat seperti ragi. Adalah normal menemukan Kandida dalam jumlah kecil di saluran pencernaan sebagaimana juga saluran vagina wanita. Mungkin Anda pernah mendengar infeksi ragi pada wanita, ini sama dengan Kandida yang menyebabkan infeksi ragi di mulut.

Umumnya, infeksi dimulai ketika Kandida yang seharusnya hanya berjumlah kecil mulai tumbuh dengan cepat. Jamur yang selanjutnya menginfeksi mulut dan tenggorokan dengan menjadikan jaringan sebagai sasaran atau dengan memproduksi racun yang mengakibatkan sensasi terbakar dan menyakitkan.

Sejumlah alasan bisa memicu infeksi Kandida di daerah mulut dan tenggorokan. Salah satunya adalah konsumsi antibiotik. Perawatan dengan obat seperti kemoterapi juga menyebabkan tubuh lebih rentan terhadap infeksi jamur. Obat-obatan tersebut membuat lingkungan yang menguntungkan bagi perkembangan Kandida. Mikroorganisme lainnya yang menjaga ragi tetap seperti semula terkurangi akibat efek obat yang memungkinkan perkembangan berlebihan jamur Kandida.

Diabetes, malnutrisi, penyalahgunaan obat-obatan dan sistem kekebalan yang bermasalah juga bisa memicu perubahan yang menguntungkan bagi pertumbuhan Kandida. Inilah mengapa bayi dan orang berusia lanjut lebih memungkinkan untuk mendapatkan infeksi ragi di mulut. Sistem kekebalan mereka tidak begitu kuat dalam menghadapi perubahan kecil di lingkungannya.

Juga ditemukan bahwa orang yang memiliki gigi tiruan yang tidak pas lebih cenderung mengalami infeksi ragi di mulut dibanding mereka yang gigi palsunya pas. Gigi palsu yang tidak pas bisa merusak membran mukosa di mulut. Area yang rusak itu bisa menjadi pintu masuk bagi jamur Kandida untuk menyerang jaringan.

Infeksi ragi di mulut yang telah diamati mengeluarkan pelepasan yang warnanya bervariasi dari putih hingga krem. Sesekali, titik berwarna kuning di mulut juga merupakan indikasi yang baik bahwa ragi telah berkembang pesat dan mulai menginfeksi membarn mukosa mulut. Kondisi ini bisa tidak tertahankan bagi orang dewasa karena infeksi ragi di mulut datang dengan sensasi terbakar di mulut dan tenggorokan.

Dalam mengobati infeksinya, penyebab masalahnya harus ditangani. Jika gigi palsu adalah masalah, maka langkah pertama adalah menggantinya. Namun demikian, jika sistem kekebalan yang terganggu bisa jadi agak rumit. Meskipun begitu, dokter akan menemukan cara mengatasinya.

Pengobatan tidak berhenti di situ. Anda akan diarahkan untuk mengkonsumsi obat anti jamur dalam rangka membantu membunuh jamur di mulut dan tenggorokan Anda. Paling sering terjadi, obat-obatan anti jamur yang digunakan untuk mengobati masalah ragi mulut berbentuk pastiles. Dengan menghisap pastiles, obat anti jamur beraksi langsung pada infeksinya. 

Mula-mula, kondisi yang menyebabkan sariawan harus berada di bawah kendali. Ini bisa termasuk membeli gigi palsu yang baru dan lebih pas, atau mengatur pengobatan diabetes. Untuk pasien AIDS, tidak selalu dimungkinkan untuk memperbaiki defisiensi kekebalan, dan serangkaian pengobatan oral dengan obat-obatan anti jamur harus digunakan.

Ada kasus-kasus yang infeksinya menjadi parah sehingga pastiles anti jamur tidak lagi efektif. Terdapat beberapa opsi perawatan lainnya untuk infeksi ragi di mulut sesuai yang Anda inginkan. Jadi, jangan khawatir, Saya yakin dokter akan membimbing Anda di sepanjang perjalanan.