Yang Perlu Diketahui Seputar Penghambat Saluran Kalsium

Yang Perlu Diketahui Seputar Penghambat Saluran KalsiumKalsium sangat penting bagi tubuh manusia terutama bagi wanita yang telah melahirkan. Ia bertanggung jawab untuk membuat tulang dan gigi yang kuat. Bagaimanapun juga, tulang dengan kandungan kalsium tinggi dapat menahan tekanan berat yang diberikan oleh aktifitas yang dilakukan oleh seseorang.

Namun, kalsium juga bisa berbahaya bagi manusia bila diserap oleh organ yang tidak membutuhkannya.

Hal itu dapat menyebabkan kelumpuhan, komplikasi kesehatan lain atau bahkan kematian. Itu bisa saja terjadi jika kalsium masuk ke otot jantung. Kalsium dapat membuat otot jantung berkontraksi dan dapat mempersempit arteri yang kemudian mungkin dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Orang-orang farmasi mengembangkan obat yang dapat menghalangi masuknya kalsium ke jantung dan komponennya. Obat ini umumnya dikenal sebagai penghambat saluran kalsium. Ada beberapa penghambat saluran kalsium yang berbeda, diantaranya yaitu dihydropyridine, phenylalkylamine dan benzothiazepine.

Pertanyaan-pertanyaan berikut mungkin bisa memberikan tentang semua hal yang perlu diketahui seputar Penghambat Saluran Kalsium.

Apa itu Penghambat Saluran Kalsium?

Ia adalah obat yang diformulasikan untuk memblokir pintu masuk kalsium ke jantung dan komponennya. Ia mencegah kalsium untuk menembus ke jantung karena kalsium dapat menyebabkan komplikasi pada jantung yang dapat menyebabkan serangan jantung dan masalah kesehatan lainnya. Penghambat Saluran Kalsium dapat menurunkan angina di jantung(rasa sakit yang dialami oleh seseorang karena asupan oksigen yang rendah di dalam jantung yang dibawa oleh darah). Hal ini dapat menurunkan angina dengan cara melebarkan arteri dan menurunkan tekanan dalam arteri sehingga memungkinkan asupan lebih banyak oksigen. Ini juga bisa diartikan dengan menurunkan tekanan di jantung, sehingga memompa darah jauh lebih mudah dan jantung pun hanya membutuhkan sedikit oksigen.

Apakah efek samping dari Penghambat Saluran Kalsium?

Kebanyakan obat memiliki efek samping dan dapat menyebabkan reaksi negatif dalam tubuh manusia. Seseorang yang menggunakan penghambat saluran kalsium mungkin mengalami sembelit, sakit kepala, edema atau pembengkakan, mual pusing kaki, dan kantuk. Seseorang juga mungkin mengalami tekanan darah rendah karena konsentrasi tinggi obat yang berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Itulah hal-hal dasar yang perlu diketahui seputar penghambat saluran kalsium. Jangan takut dari efek samping dari obat karena mereka cuma sedikit lumayan. Bila bertujuan untuk sembuh, maka efek samping diabaikan.

Olahraga dan kesehatan