Yang Harus Kita Ketahui Tentang Kalsium Klorida

Yang Harus Kita Ketahui Tentang Kalsium Kloridaaat kita mendengar kata "kalsium klorida" apa yang ada dalam benak kita? Mungkin kita akan bilang kalau itu sama seperti senyawa kalsium lainnya, digunakan sebagai bahan aktif pada suplemen makanan. Namun, itu salah.

Kalsium klorida
tidak dianjurkan untuk digunakan sebagai bahan aktif dalam suplemen makanan karena kehadiran unsur klorin, yang merupakan

salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari bahan kimia selain kalsium. Sebaliknya, ia digunakan pada aplikasi lain yang akan dibahas pada bagian akhir artikel ini. Tapi sebelum itu, mari kita bahas mengenai bagaimana kalsium klorida berasal.

Asal mula Kalsium Klorida

Senyawa kimia ini adalah produk sampingan dari proses yang disebut Solvay, atau juga dikenal sebagai proses amonia-soda. Ini adalah proses industri utama yang digunakan dalam memproduksi kalsium karbonat dimana kalsium karbonat direaksikan dengan asam klorida, sehingga menghasilkan kalsium klorida.

Kegunaan

Ada jutaan ton kalsium klorida yang diproduksi di Amerika Serikat saja. Ia memiliki berbagai kegunaan sebagai berikut:

Karena kalsium klorida adalah hidroskopis (bahan yang mudah menyerap air dari sekitarnya), dapat digunakan untuk mengeringkan udara dan gas lainnya juga. Proses ini melibatkan konversi kalsium klorida menjadi air garam baik karena menyerap uap air atau air dari gas yang perlu dikeringkan

Karena saking panasnya akibat yang ditimbulkan selama reaksi disolusi, kalsium klorida juga bertindak sebagai senyawa pencair-es. Hal ini lebih berbahaya pada tanah dan tanaman dibanding natrium klorida. Kalau mau digunakan untuk tujuan tersebut, sekarang sudah ada, bentuknya seperti bola kecil putih yang diameternya hanya beberapa milimeter dan ini biasa disebut prills (butiran seperti garam, biasa digunakan untuk mencairkan es).

Kalsium klorida juga dicampurkan dengan beton dengan tujuan untuk memperkuat campurannya sebagaimana untuk membantu dalam pembangunan cepat (fast track) saat pengaturan awal suatu pembangunan. Namun tidak dianjurkan digunakan pada beton bertulang karena senyawanya mengandung ion klorida yang bersifat korosif terhadap kerangka baja.

Kalsium klorida juga digunakan untuk mengurangi debu di beberapa jalan raya. Karakteristik hidroskopisnya menjaga lapisan cair di permukaan jalan raya, sehingga mampu menahan debu.

Kalsium klorida juga beperan sebagai zat adiktif dalam hal pembuatan plastik.

Kalsium klorida juga digunakan untuk pengolahan air limbah sebagai pembantu drainase.

Bentuk cairnya digunakan pada transformasi sel genetik dengan meningkatkan permeabilitas membran sel. Proses yang seperti memasukkan fragmen DNA ke dalam sebuah sel.

Ada beberapa tindakan pencegahan yang berkaitan dengan terpaparnya kalsium klorida. Karena sebelumnya ia juga mengandung sifat asam, maka kita harus selalu menggunakan kacamata pelindung dan sarung tangan untuk melindungi mata dan tanganmu. Hindari menghirup atau memasukkannya ke dalam mulut. Karena saat bereaksi dengan air, ia bisa saja membakar mulut dan kerongkongan kita.

Olahraga dan kesehatan