Tentang kesehatan

Suplemen Vitamin E

Vitamin E adalah suatu antioksidan yang ada secara alami di beberapa makanan. Vitamin ini mengambil bentuk kimiawi sebagai beta-, alfa-, delta-tocotrienol, dan gamma-, delta-tocopherol. Hati akan mengambil vitamin E setelah dicerna dan zat ini akan melindungi tubuh dari gangguan berbahaya radikal bebas. Bila radikal bebas ini tidak dikendalikan oleh antioksidan yang diproduksi oleh vitamin E, tubuh kita akan rentan terhadap penyakit seperti kanker dan masalah kardivaskular. Radikal bebas dapat berasal dari polusi udara, asap rokok, dan sinar ultravioler dari matahari. Vitamin E juga meningkatkan kesehatan pernafasan dan membantu seseorang mengatasi gejala PMS (Premenstruasi syndrome).

Manfaat lain yang diakui dari vitamin ini adalah

ia mendukung kesehatan sirkulasi dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan payudara dan prostat. Vitamin E juga bagus untuk otak dan mencegah rasa panas saat wanita menopause. Diperlukan vitamin E yang banyak untuk tubuh beraktivitas sehari-hari, dan inilah saatnya suplemen diperlukan. Kebanyakan orang kurang mengkonsumsi vitamin E karena kebiasaan makan yang tidak sehat atau tidak peduli terhadapnya dan karenanya mereka perlu mengkonsumsi vitamin E untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin E adalah sayuran, kacang-kacangan, dan minyak. Suplemen vitamin E di pasaran mengandung 30 internasional unit (IU) yang penting bagi tubuh.

Suplemen vitamin E di pasaran ada dalam bentuk kapsul dan harus diminum bersama makanan. Makanannya harus rendah lemak agar memungkinkan suplemen untuk bekerja sebagaimana mestinya. Dianjurkan untuk membeli suplemen yang memiliki tanggal kadaluwarsa yang jelas karena vitamin ini memiliki waktu kemasan yang pendek. Bentuk lain dari suplemen ini adalah berbentuk tablet yang larut dalam air dan bekerja baik dalam mengatasi infeksi dan inflamasi pada persendian. Suplemen vitamin E juga dapat berbentuk krim dan body oil. Krim dan body oil ini sangat disarankan untuk mengatasi selulit (stretch mark) dan kulit terbakar akibat sinar matahari (sunburn).

Dosis yang direkomendasikan bagi orang dewasa adalah 15 mg, sedangkan bagi mereka dibawah 14 tahun berkisar 11 mg hingga 14 mg, bergantung dari umurnya. Saat membeli suplemen vitamin E, penting baginya untuk mencari saran medis terlebih dahulu karena beberapa diantaranya dapat meracuni tubuh bila dikonsumsi dalam dosis berlebihan. Namun demikian, suplemen ini memiliki  keterbatasan dan karenanya disarankan untuk berhati-hati saat mengkonsumsinya. Mereka yang memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, masalah hipotiroid, dan penyakit rematikharus berkonsultasi dengan dokter mereka terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya.

Mereka dengan gangguan pengelihatan harus berkonsultasi dengan dokter mereka juga sebelum memilih suplemen ini. Mereka yang akan menjalani operasi tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin E karena vitamin ini mencegah pembekuan darah, sehingga dapat merugikan dan bahkan menyebabkan kematian. Mereka yang menggunakan obat-obatan penurun kolesterol juga tidak dapat mengkonsumsi suplemen ini, karena tidak akan diserap dengan baik oleh darah. Mereka yang menggunakan minyak mineral - suatu cairan pelumas kulit, sebaiknya tidak mengkonsumsi suplemen ini karena suplemen ini akan membatasi penyerapannya.

 

Olahraga dan kesehatan