Pertanyaan yang Sering Ditanyakan mengenai Penimbunan Kalsiumerlalu banyak kalsium di dalam tubuh bisa menimbulkan pengerasan beberapa bagian kecil dari tulang dan jaringan lunak. Penimbunan mulanya tidak begitu terlihat tetapi akan semakin mengeras selama berjalannya waktu. Umumnya, terjadinya penimbunan kalsium ditemukan pada daerah bagian bahu.

Biasanya, ini tidak begitu bermasalah bagi orang yang yang mengalaminya,

tapi jika penimbunan semakin meningkat atau membengkak, hal ini pasti bisa menimbulkan rasa sakit yang serius. Berikut adalah pertanyaan yang sering ditanyakan dan jawaban yang dapat membantu menjelaskan konsep penimbunan kalsium.

Apa yang menyebabkan penimbunan kalsium?

Dalam banyak kasus, penyebab penimbunan ini masih belum diketahui. Kebanyakan penderita menanyakan apakah mereka harus mengubah diet mereka dengan maksud mengurangi asupan kalsium? Hal ini bisa jadi, tetapi tidak direkomendasikan sebagai bentuk pengobatan. Pasien normal, orang dewasa dan wanita menopause seharusnya memiliki diet yang seimbang dengan sedikitnya 1000mg. suplemen kalsium.

Siapa saja yang bisa terkena penimbunan kalsium berlebih?

Hal ini biasanya terjadi pada wanita usia 35-65. Namun, ini juga bisa terjadi pada laki-laki, meskipun jarang.

Apakah penimbunan kalsium menyebabkan masalah?

Penimbunan kalsium mungkin tidak memberikan gejala. Hal ini hanya terjadi kalau ukuran penimbunan semakin meningkat dan menjadi sangat menyakitkan. Namun, bagaimanapun kurangnya penimbunan juga dapat menyebabkan rasa sakit terutama jika mereka meradang dan saat garam kalsium bocor dari penampang dan menuju jaringan sensitif.

Jika saya mempunyai timbunan kalsium di bahu, apakah itu akan melukai bahu saya?

Kadang-kadang, timbunan kalsium bisa mengakibatkan erosi yang dapat merusak bagian dari tendon manset rotator (bagian otot yang berfungsi menstabilkan bahu). Bagaimanapun, beberapa timbunan kalsium menetap dan berada pada bagian luar dari tendon manset rotator dan hanya bisa menimbulkan masalah jika terasa sakit dan menular.

Seberapa keraskah timbunan kalsium itu?

Pada awalnya, timbunan berupa kalsium yang lembut seperti pasta gigi atau krim, tetapi karena sejalannya waktu dan itu semua masih di dalam tubuh Anda, timbunan akan mengering dan berubah menjadi tekstur seperti kapur. Timbunan itu memang tidak sampai sekeras batu, tapi hal itu pasti akan memberikan rasa sakit bagi orang yang terkena.

Apakah ada pengobatan bagi penimbunan kalsium?

Ya ada. Pembengkakan akut bisa diperbaiki dengan kantong es dan harusnya beristirahat dari gerakan dengan menggunakan kain penopang. Obat dalam juga tersedia untuk mengobati penimbunan kalsium. Suntikan kortison (hormon kortison) bisa membantu seorang penderita mengurangi rasa sakit dalam beberapa jam.

Apakah hal ini harus langsung diobati?

Jika seseorang sudah mengalami hal ini 2-3 periode berturut-turut gejala sakit parah atau jika timbunan telah semakin membesar, operasi artroskopi akan dianjurkan bagi pasien untuk mengambil timbunannya.

Penimbunan kalsium tidak akan bisa membunuhmu, tetapi rasa sakit yang dirasakan bisa membuat Anda berharap supaya hal itu terjadi. Jadi, jika Anda sudah merasa kalau Anda mempunyai gangguan tersebut, sudah saatnya Anda berkunjung ke dokter dan meminta obat yang manjur.