Tentang kesehatan

tes darahHematologis adalah ahli penyakit dalam yang spesialisasinya pada morfologi darah. Bidangnya meliputi anatomi & psikologi darah dan darah pembentuk organ beserta pengobatan, prognosis dan diagnosis dari penyakit darah.



Untuk mengidentifikasi penyakit darah tertentu yang diderita seseorang atau mengevaluasi kondisi kesehatan seseorang, para hematologis akan membutuhkan alat-alat seperti hasil hematologi.

Hasil Hematologi diperoleh melalui tes darah hematologi. Biasanya terdiri dari laporan penuh laboratorium dan hasil hematologi merupakan salah satu alat yang paling penting yang dibutuhkan para hematologis untuk mendiagnosa suatu penyakit.

Untuk kebanyakan orang, hasil hematologi (termasuk berbagai metode kimia analisa darah lain yang ditawarkan oleh kebanyakan lab) menggambarkan jalan ekonomis dokter untuk mendapatkan informasi berharga tentang kondisi fisik pasien. Faktanya, hasil hematologi mempunyai peranan tidak terpisahkan dalam keseluruhan diagnosa hematologis.

 

Apa itu Tes Darah Hematologi?


Tes darah Hematologi adalah metode lain yang digunakan untuk mendiagnosa masalah kesehatan. Cara yang kebanyakan digunakan untuk tes darah biasanya dengan memeriksa contoh darah untuk menentukan gejala penyakit dan tingkat keparahannya.

Darah manusia terbuat dari beberapa macam sel yang berbeda, yaitu sel darah merah, sel darah putih, dan platelets. Tes darah hematologi yang biasa digunakan oleh banyak dokter kesehatan adalah Penghitungan Darah Lengkap atau PDL untuk menghitung jumlah sel darah merah, sel darah putih, dan platelets. Jika hasil Hematologi dari tes tersebut menunjukkan penyimpangan dari angka yang seharusnya, ini biasanya akan digunakan sebagai indikator untuk beberapa morfologi abnormal di dalam tubuh yang membawa penyimpangan tersebut.

Darah juga mengandung beberapa senyawa lain, antara lain berbagai macam garam dan protein tertentu. Hasil Hematologi akan menunjukkan detail tentang senyawa ini (garam dan protein), yang juga digunakan sebagai indikator dari kondisi seseorang.

Bagaimana Hasil Hematologi Diperoleh?


Pertama, contoh darah diambil melalui urat darah halus atau dari arteri untuk di tes. Sekitar beberapa tetes darah diperlukan untuk mendapatkan hasil hematologi yang akurat. Kadangkala, hasil hematologi dapat diperoleh melalui sedikit tetesan kecil dari ujung jari Anda.

Harus diperhatikan bahwa tidak ada hasil Hematologi yang sangat akurat sepanjang masa. Kadangkala, hasil Hematologi positif yang salah dapat terjadi, dimana seseorang mendapatkan hasil tes abnormal yang tidak benar. Sebaliknya, hasil Hematologi negatif yang salah dapat terjadi pada orang yang sebenarnya menderita penyakit tersebut.

Untuk menilai hasil tesnya, maka seringkali diukur dari segi sensitivitas atau kemungkinannya bahwa hasil hematologi mereka akan negatif ketika suatu penyakit tidak ada.