Sepuluh Tips dalam Memahami Anak Anda

Sepuluh Tips dalam Memahami Anak Andaenjadi orang tua, bisa menjadi pengalaman yang sangat memusingkan, terutama jika Anda kurang mampu menjalin hubungan yang harmonis dengan anak remaja Anda. Ada kalanya Anda berseteru dengan anak Anda karena sesuatu yang sering kali kita sebut sebagai perbedaan generasi. Kunci untuk hubungan yang harmonis dengan anak Anda berada pada kemampuan Anda untuk

memahami mereka. Cobalah sepuluh tips berikut dalam berhadapan dengan anak remaja anda dan bagaimana memahami mereka.

1. Buatlah batas yang jelas antara peran anda sebagai orang tua dan sebagai teman

Selain menjadi ayah atau ibu bagi anak-anak, Anda juga bisa menjadi teman bagi mereka. Namun terkadang Anda perlu membedakan kedua peran tersebut ; menjadi orang tua dan pada saat yang sama menjadi teman mereka. Seorang teman, akan memiliki kecenderungan untuk menghakimi ketika anak - anak menceritakan masalah mereka. Sedangkan sebagai orang tua, Anda tidak bisa melakukan ini karena Anda sayang dan peduli kepada mereka. Seorang teman yang baik bisa ditemukan di mana saja, akan tetapi orang tua yang baik merupakan komoditas yang semakin langka.

2. Tunjukkan keterlibatan anda

Merasa terlalu dikendalikan pekerjaan dan jarang menghabiskan waktu dengan anak-anak Anda ? Mungkin sekarang saatnya untuk terlibat dalam kehidupan mereka. Terlibat disini artinya anda menghabiskan waktu bersama mereka setiap kali Anda memiliki waktu luang. Cobalah mencari informasi mengenai kehidupan Anak anda, pikiran dan perasaan mereka sehingga mereka akan dengan mudah merasa nyaman untuk mendatangi Anda ketika sedang dalam masalah.

3. Didiklah mereka agar menjadi seseorang yang bertanggung jawab

Sebagai orang tua, Anda bertanggung jawab dalam menyiapkan anak Anda untuk menghadapi kehidupan mereka ketika beranjak dewasa nanti. Ajarilah mereka, bahwa apabila mereka menginginkan sesuatu, harus berusaha sekuat-kuatnya untuk meraihnya. Uang bukanlah hal yang terpenting, akan tetapi tanggung jawab dan kemandirianlah yang harus mereka pahami. Berikan mereka upah untuk pekerjaan yang mereka lakukan, akan tetapi jangan memberikan mereka imbalan jika mereka tidak mengerjakan tugasnya.

4. Dengarkan mereka

Sebagai orangtua, adalah tugas Anda untuk mendengarkan dan memahami apa yang anak Anda inginkan. Sebisa mungkin jangan hakimi mereka, bahkan ketika mereka bertengkar atau tidak menghormati Anda. Cobalah untuk mengerti pesan yang mereka coba sampaikan, karena bukan tidak mungkin mereka hanya sedang butuh bantuan anda.

5. Jelaskan posisi anda

Dengan membiarkan mereka tahu alasan atas keputusan-keputusan yang Anda ambil, Anda sedang membantu anak Anda untuk menjadi pengambil keputusan yang baik bagi diri mereka sendiri. Jika Anda ingin anak-anak berada di rumah pada waktu tertentu, beritahu mereka bahwa itu karena Anda mengkhawatirkan keselamatan mereka. Bahkan ketika mereka tidak setuju dengan keputusan Anda, mereka akan menerimanya ketika mereka dewasa nanti.

6. Selalu ada untuk mereka

Hal yang paling penting dalam menjadi orang tua yang baik adalah membuat anak anak mengerti bahwa Anda selalu ada untuk mereka. Memberikan dukungan, dan memberitahu mereka bahwa Anda selalu berada di belakang mereka sangatlah penting untuk perkembangan anak.

7. Ikutilah perkembangan mereka

Mengetahui dan mendengarkan jenis musik yang mereka sukai, memahami aktifvtas yang mereka kerjakan, dan mengetahui nama-nama teman mereka adalah tanggung jawab Anda.

8. Fleksibel

Memang penting untuk menetapkan aturan, namun selalu ada pengecualian dan ada kalanya Anda harus melonggarkan aturan yang sudah Anda buat sendiri.

9. Memiliki kesenangan yang sama

Memiliki kesenangan yang sama dengan anak anak berarti Anda memahami mereka lebih baik. Hal ini juga berarti Anda belajar bersama dan berbagi pengalaman dengan mereka. Anda harus memiliki keterkaitan dengan anak - anak, dan bukannya bertengkar mengenai hal-hal sepele seperti siapa yang harus memegang kunci mobil.

10. Tetaplah bicara meski tidak didengarkan

Anda mungkin tidak tahu, tapi anak remaja benar-benar mendengarkan apa yang orang tua mereka katakan. Meskipun terkadang anak-anak bertengkar dengan Anda, saran-saran yang Anda berikan mengakar dengan baik dalam pikiran mereka. Kelihatannya memang mereka pasif dengan apa yang Anda katakan, tapi bukanlah itu masalahnya, yang penting adalah nasihat itu menempel di pikiran mereka. Jadi, jangan pernah berhenti memberi mereka saran.

Ikutilah 10 tips ini dalam memahami anak-anak dan Anda semakin dekat untuk menjadi orang tua yang sukses.

Olahraga dan kesehatan