ibu dan anakMemahami anak Anda adalah salah satu hal terpenting yang harus Anda ketahui sebagai orangtua.  Hal ini sangat membantu efektifnya dalam membimbing dan mengasuh anak Anda saat mereka tumbuh dewasa. Anda harus mengerti bahwa

anak Anda memiliki ciri kepribadian unik yang akan tetap konsisten sepanjang hidupnya.

Salah satu cara agar Anda dapat memahami anak Anda adalah Anda harus mengamati mereka saat tidur, makan atau bermain. Carilah ciri yang konsisten. Kegiatan apa yang paling mereka sukai? apakah mereka mudah beradaptasi atau apakah mereka butuh waktu untuk beradaptasi? Hal-hal seperti itu adalah karakter normal seorang anak dan anak Anda pasti masuk diantaranya.

Berusaha sebisa mungkin mengobrol dengan anak karena ini sangat penting untuk memperoleh informasi dan memahami anak. Pada kasus anak kecil, mereka kurang bisa mengungkapkan dengan bahasa verbal, mereka mengungkapkan melalui ekspresi wajah, bahasa tubuh supaya memahami pikiran dan perasaan mereka. Mengajukan pertanyaan pada mereka akan membuat mereka membagi perasaannya pada Anda. Sebagai contoh, daripada bertanya tentang apa yang mereka kerjakan di sekolah, tanyalah pada mereka apa yang hari ini mereka bangun dengan mainan bloknya. Daripada bertanya apakah mereka bermain dengan teman mereka, lebih baik perhatikan pada permainan yang mereka mainkan.

Cara lain memahami anak Anda adalah dengan melihat lingkungan mereka agar mengetahui tentang tingkah laku tertentu yang sudah Anda amati. Saudara, tempat perawatan anak, teman-teman, guru, masyarakat, pengaturan rumah dan aspek lain dari lingkungan bisa memainkan peran penting dalam membentuk perilaku anak. Sebagai contoh, jika anak Anda menunjukkan agresivitas terhadap anak-anak lain disekolahnya, Anda perlu mencari tahu semua sumber yang menyebabkan perilaku agresif mereka.

Ada kemungkinan mereka berhubungan dengan anak lain yang juga menunjukkan kecenderungan agresif. Suasana di rumah juga bisa menjadi menyebabkan perilaku tersebut. Apakah akhir-akhir ini terjadi konflik dan pertengkaran di rumah yang disaksikan anak Anda ? Bagaimana dengan suasana lingkungan masyarakat sekitar ? Itu adalah beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan disaat mencari tahu alasan dibalik kelakuan agresif si anak.

Sebagai tambahan, Anda dapat memahami anak Anda dengan mengamati anak-anak lain yang sebaya dengannya. Anda dapat membaca buku, browsing internet, dan menghadiri kelas tentang perkembangan anak. Ingat juga bahwa Anda pernah mengalami masa seusianya, sehingga perilaku anak-anak pada usia tersebut kurang lebih sama. Namun, kecepatan perkembangan melalui tiap tingkatan usia berbeda-beda pada tiap orang.

Dengan memahami perkembangan anak Anda, Anda akan dapat memberi mereka kesempatan dan juga mainan-mainan yang dapat membantu meningkatkan perkembangan dan menyiapkan mereka untuk tahapan lanjutan pertumbuhan mereka. Pada saat bersamaan, Anda sebagai orang tua akan dapat menetapkan harapan dan batasan yang dapat diterima oleh anak Anda.

Menjadi orang tua yang bertanggung jawab sangatlah berat, terutama pada jaman sekarang dimana orangtua waktunya tersita banyak untuk pekerjaaannya daripada bersama dengan anaknya. Kualitas waktu sangat sulit didapatkan ketika Anda mencoba membagi waktu Anda antara pekerjaan dan mengasuh anak. Banyak orang yang tidak sukses sebagai orang tua dan ini pasti membuat Anda frustasi. Memahami anak Anda adalah jalan yang efektif agar Anda sukses dalam seni mengasuh anak.