kesehatan anakengasuh anak bukanlah pekerjaan yang mudah. Membesarkan anak-anak mungkin merupakan petualangan yang paling berharga di dunia ini, namun tidak ada orang tua yang membantah bahwa itu bukanlah perjalanan yang sulit meskipun penuh dengan tantangan sepanjang jalan. Tentu saja tidak ada resep untuk menjadi orangtua yang baik, tidak ada jalan yang menjamin kesuksesan dalam mengasuh. Pada saat yang bersamaan, ayah dan ibu dapat terhindar dari kesalahan yang umum dilakukan dengan

tidak terjerumus pada mitos-mitos tentang mengasuh anak, mitos yang jauh lebih membahayakan dibandingkan kebaikannya bila dilakukan.

Satu kesalahpahaman yang populer tentang mengasuh anak adalah bahwa ada cara yang benar dan cara yang salah dalam mengasuh anak. Orang-orang yang meyakini dirinya tahu segala sesuatu tentang mengasuh anak akan memberitahu Anda begitu mereka melihat tindakan ibu atau ayah yang 'buruk'. Hal yang lucu adalah bahwa para orang yang mengganggap dirinya ahli ini sepertinya tidak pernah setuju dengan penjelasannya. Kadang-kadang orangtua yang dianggap buruk terlalu lunak, kadang-kadang terlalu ketat. Ibu dan ayah mendapat kritikan karena kurang terlibat dan pada saat yang sama dikritik karena terlalu terlibat.

Tentu saja yang benar adalah tidak ada yang mengetahui segala sesuatu yang harus diketahui tentang mengasuh anak. Tidak peduli berapa banyak buku yang telah dibaca seseorang. Tidak peduli seberapa banyak anak-anak yang sehat, mapan dan sukses yang telah dibesarkan oleh seseorang. Apa yang sesuai untuk satu keluarga belum tentu sesuai dengan keluarga lain. Tidak ada kebenaran universal tentang mengasuh anak, tidak ada rumus lengkap untuk kesuksesan menjadi orang tua. Setiap orang tua harus meraba-raba sepanjang jalan, membuat keputusan terbaik dan berusaha sekuat yang ia bisa. Jadi jangan biarkan orang lain memberi penilaian salah atau benar pada pilihan cara mengasuh Anda.

Mitos lain yang umum tentang mengasuh anak adalah keyakinan bahwa orang tua haruslah sempurna. Kita telah mendapat pemahaman dengan jelas bahwa tidak ada cara yang benar dalam membesarkan anak, sehingga secara alami orang tua tidak perlu sempurna atau tidak sempurna. Namun tetap saja ada sebuah keyakinan tentang mengasuh anak yang telah meluas, orang-orang tidak bisa menggoyahkan anggapan bahwa jika mereka membuat satu kesalahan saja, mereka akan menghancurkan kehidupan anak-anak mereka !

Pada kenyataannya, orang tua tidak ada yang sempurna. Kita membuat pilihan yang tampaknya terbaik bagi kita, berdasarkan kepercayaan kita, penilaian kita dan pengetahuan kita tentang anak-anak kita. Terkadang pilihan kita tidak berjalan seperti yang kita harapkan. Kadang-kadang, kita membuat kesalahan. Hal yang perlu diingat tentang mengasuh anak adalah bahwa ini bukanlah hal yang ilmiah. Terdapat ruang bagi kesalahan. Tidak hanya orang tua yang belajar dari kesalahannya, tetapi anak-anak mereka juga belajar dari kesalahannya. Karena pada akhirnya, kebenaran yang nyata tentang mengasuh anak adalah bahwa hal ini merupakan proses berkembang bersama bagi orang tua dan anak-anaknya. Ini adalah suatu perjalanan dan bukan tujuan.

Isilah rumah anda dengan kasih sayang dan biarkan anak-anak anda tahu bahwa anda akan selalu mendukung mereka dan akan selalu begitu. Kemudian, jangan memusingkan hal-hal kecil. Itulah kebenaran yang harus orang-orang ketahui tentang cara mengasuh anak.