Menghentikan Kebiasaan Menggigit Kukuebiasaan menggigit kuku, merupakan pemandangan yang tidak indah dilihat, menyebalkan dan dapat merusak gigi. Orang tua di seluruh dunia mengkhawatirkan kebiasaan-kebiasaan buruk anaknya dan berusaha untuk meyakinkan anak mereka agar tidak melakukannya lagi.

Selain itu, orang tua sering menghukum anak-anak mereka karena kebiasaan menggigit kukunya sendiri. Ada banyak cara efektif untuk

membantu anak Anda agar berhenti menggigit-gigit kukunya.

Anda sebaiknya mengajari anak Anda untuk merenda atau merajut. Ketika mereka sibuk menciptakan sesuatu dengan benang, mereka tidak akan teringat untuk menggigit-gigit kukunya dan tangan mereka akan terlalu sibuk untuk melakukan hal-hal lainnya.

Berilah anak Anda mainan yang banyak untuk bermain. Bermainlah  bersama mereka, permainan yang akan membuat mereka menjauh dari keinginan untuk menggigit-gigit kukunya. Seperti yang Anda ketahui, anak-anak sangatlah kreatif sehingga ini akan memanfaatkan  energi syaraf mereka.

Bawalah anak Anda untuk mendapatkan manicure profesional. Terkadang ini adalah salah satu cara yang efektif, lebih mudah untuk berhenti menggigit kuku saat kuku Anda terlihat benar-benar baik dan indah. Setidaknya, ini dapat menjadi saat-saat yang berkualitas bagi hubungan ibu dan anak.

Gunakanlah cat kuku yang pahit. Anda dapat menemukannya di hampir semua toko obat. Cat kuku ini bersih dan juga sedikit pahit, sehingga setelah kuku yang tergigit masuk ke dalam mulut, anak-anak (atau bahkan orang dewasa) akan merasakan rasa yang sangat tidak mengenakkan (tetapi ini tidak membahayakan), yang mengingatkan mereka untuk tidak  akan pernah melakukannya lagi.

Jangan menghukum anak-anak Anda karena menggigit-gigit kuku. Anak-anak merasa tidak mudah untuk menghentikan suatu kebiasaan, seperti halnya pada orang dewasa, bahkan meskipun mereka sadar bahwa itu adalah suatu kebiasaan yang buruk. Anda dapat memberikan dukungan-dukungan dan kasih sayang, daripada hukuman berat dan sulit.

Jika Anda merasa khawatir, Anda harus membawa anak Anda untuk konsultasi ke dokter. Jika kebiasaan menggigit-gigit kuku tampaknya seperti suatu tanda adanya tingkat kecemasan yang tinggi, Anda harus berbicara dengan anak Anda, dan membawanya ke dokter sekiranya Anda merasa  membutuhkan bantuan tenaga ahli.