Orang marahemarahan yang merupakan sebuah reaksi normal dan sehat terhadap situasi yang mengganggu bisa menjadi ekstrem sehingga terjadi kekerasaan. Ketika seseorang mempunyai kebiasaan meluapkanĀ amarah atau kelakuan yang ceroboh, ada masalah yang harus ditangani. Strategi manajemen kemarahan dirancang untuk

membantu seseorang kembali ke kehidupan yang sehat dan normal.

Meluangkan waktu untuk istirahat dianggap sebagai pendekatan manajemen yang sehat. Menghindarkan seseorang dari tempat atau seseorang yang membuat marah adalah contoh dari istirahat. Pergilah jalan-jalan atau mengemudi dengan santai. Kadang-kadang aktivitas fisik seperti lari atau bermain olahraga permainan membantu melepaskan energi yang berlebih. Ketika energi anda menghilang, begitu juga kemarahan Anda.

Strategi manajemen kemarahan yang kedua adalah menguasai amarah. Amarah sebenarnya milik seseorang yang sedang stres. Hanya orang yang mengalami masalah kemarahan bisa mengontrol luapan amarahnya. Saat kita marah, tubuh kita bereaksi dengan meningkatnya detak jantung yang kuat, otot menegang dan semua sistem tubuh bekerja keras. Pada akhirnya, hal itu hanya akan menyakiti diri sendiri.

Strategi manajemen kemarahan lain yang sehat adalah melihat kembali ke masalah yang mengganggu seseorang itu dan mencoba mencari jalan untuk mengubahnya. Tidak hanya bisa membuat seseorang belajar menghindari kejadian tersebut, namun mereka mungkin bisa mengambil keputusan dari pengalaman mereka dan mencoba menghadapinya tanpa meledak-ledak hingga menimbulkan keributan.

Strategi manajemen kemarahan yang ke empat adalah dengan menghadapi situasi atau orangnya. Bicara kepada seseorang atau orang-orang yang terlibat dengan tenang dan mencoba untuk mencari pemecahan dari masalah tersebut. Seringkali masalah-masalah bisa segera terpecahkan dan membuat dua pihak yang terlibat bisa puas. Jika tidak bisa, akan lebih baik jika kita segera menyingkir dan memutuskan setuju untuk tidak setuju.

Kemarahan memiliki tujuan tertentu dalam hidup kita namun jangan biarkan kemarahan yang berlebihan menghancurkan hidup Anda.