Wanita sedihmumnya, insomnia bisa diklasifikasikan ke dalam empat tingkatan. Sulit untuk tidur, sulit tetap tidur, bangun lebih awal dari yang direncanakan dan mispersepsi kondisi tidur. Namun pertanyaan yang paling besarĀ adalah

berapa banyak waktu tidur yang diperlukan oleh seseorang agar terjaga di siang hari? Rata-rata para ilmuwan mengatakan bahwa manusia memerlukan tidur selama 8 jam setiap malam. Penelitian yang lain menunjukkan bahwa kebutuhan tidur tiap orang berbeda-beda. Ada banyak tanda-tanda yang bisa digunakan untuk menunjukkan sebuah tidur yang sehat.

Pertama, bisa tidur dengan mudah tanpa bantuan obat-obatan. Kedua, jika anda terbangun pada tengah malam anda bisa dengan mudah kembali tidur. Tiga, bangun tidur terjadi dengan alami setiap waktu dan dalam waktu yang sama walaupun tanpa bantuan alarm dan pada saat Anda bangun, Anda merasa segar bugar dan terjaga sepanjang hari. Insomnia kegelisahan akan terjadi jika semua atau salah satu hal di atas tidak terpenuhi. Stres bisa menyebabkan gangguan tidur dan untuk mengatasinya selalu disarankan untuk membuat waktu yang menyenangkan sebelum tidur yang tenang dan santai. Terutama jika hari-hari Anda selalu melelahkan, Anda harus melakukan sesuatu yang menyenangkan sebelum tidur.

Kadangkala, Anda mungkin mengalami insomnia kegelisahan yang terjadi selama beberapa malam. Ini adalah akibat stres dan lingkungan yang bisa meningkatkan stres. Hal lain yang menyebabkan insomnia kegelisahan adalah perubahan temperatur secara ekstrem yang terjadi di lingkungan sekitar. Kegelisahan karena jetlag juga dapat menyebabkan insomnia yang berlangsung beberapa malam. Kegelisahan mengenai pengobatan sehari-hari bisa juga menyebabkan perasaan yang berhubungan dengan depresi. Hal ini mungkin memicu insomnia karena efek samping obat yang dikonsumsi. Keadaan bisa bertambah parah jika penderita meminum kafein yang berlebihan, minum alkohol sebelum tidur, merokok sebelum tidur, tidur pada sore hari atau mempunyai pola waktu bangun/tidur yang tidak teratur. Semua faktor-faktor tersebut bisa memperburuk kasus insomnia kegelisahan.

Konsekuensi dari insomnia kegelisahan terjadi pada siang hari. Penderita akan mengalami kantuk seharian yang pasti tidak akan nyaman. Hal ini juga akan menyebabkan kurang konsenstrasi pada beberapa kasus, contohnya adalah mengantuk pada saat mengemudi bisa membahayakan. Insomnia mungkin bisa mengakibatkan gangguan memori yang akan menyebabkan penilaian atau pengambilan keputusan yang buruk. Penderita insomnia juga cenderung mudah marah dan emosional sebagai akibat dari kurang tidur. Jika Anda merasakan bahwa insomnia mempengaruhi kualitas hidup Anda, sangat disarankan untuk pergi ke dokter memeriksakan diri dan mencari solusi sesegera mungkin.