obaterdapat alasan kenapa orang kecanduan obat-obatan. Aspek kejiwaan dari kecanduan narkoba dapat sangat kuat. Pikiran kita sangat kompleks dan bisa menjadi penguasa dalam hidup kita.

Karena kita adalah makhluk yang kompleks dengan kemampuan berpikir dan menalar, kita sering menganggap pikiran kita hanya sebagian kecil dari diri kita. Tidak ada yang bisa lebih jauh dari kebenaran. Implikasi kejiwaan dari penggunaan obat-obatan dapat menjadi umum dan

mendatangkan malapetaka dalam kehidupan seseorang yang kecanduan narkoba.

Apa yang sebenarnya sedang kita bicarakan? Aspek-aspek kejiwaan dari pikiran dan bagaimana pikiran kita dapat mengendalikan kehidupan kita adalah sesuatu yang saat ini telah diketahui oleh ahli terapis mental. Saat ini sudah saatnya Anda mengajari diri sendiri.

Sebagai contoh, jika Anda adalah anak seorang pecandu, apakah itu orangtua yang penghisap atau alkoholik, pikiran Anda mulai membenarkan penggunaan ganja atau alkohol itu sendiri sebagai hal yang baik-baik saja. Lagi pula, jika orang tua Anda melakukannya maka semua itu tidak akan buruk bagi Anda, ya kan? Yah, itulah yang akan menjadi pola pikir Anda.

Obat juga berpengaruh pada otak. Ini adalah fakta yang terbukti secara ilmiah bahwa kecanduan adalah masalah otak dan Asosiasi Psikiater Amerika telah membuktikan ini. Ketika Anda mulai menggunakan narkoba, maka otak Anda akan terbiasa untuk mendapatkan obat ini. Ketika obat tersebut tidak diberikan, pikiran Anda mulai 'berbicara' kepada Anda dan Anda akan yakin terhadap apa yang dikatakannya, bahwa Anda harus menggunakan obat itu untuk hidup.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk mencoba melawan implikasi kejiwaan dari ketergantungan obat? Jawaban terbaik untuk pertanyaan ini adalah dengan mencari bantuan. Itu berarti bahwa anda harus berbicara dengan seorang konsultan atau ahli kesehatan tentang kecanduan Anda dan meminta cara untuk dapat mengatasi kecanduan Anda.

Ada banyak program yang tersedia untuk mereka yang berurusan dengan kecanduan narkoba. Program-program tersebut akan memperbaiki baik pikiran ataupun tubuh Anda, karena Anda akan mengalami beberapa gejala 'penarikan diri' ketika Anda memutuskan untuk berhenti menggunakan narkoba. Dengan bantuan profesional, Anda akan dapat berhasil menaklukkan kecanduan narkoba yang ada dalam diri, pikiran, dan kehidupan Anda.

Anda tidak harus masuk fasilitas rehabilitasi, tetapi ketika Anda menghubungi seorang psikiater atau psikolog untuk mendapatkan bantuan bagi kecanduan Anda, Anda akan merasakan lebih mudah mengalahkan 'iblis' tersebut. Fasilitas Rehab bisa jadi mahal dan begitu juga psikiater, tetapi sekali Anda menyadari bahwa Anda membutuhkan bantuan dari luar diri anda untuk mengalahkan kecanduan tersebut, Anda akan lebih baik dalam mendapatkan cara untuk hidup bebas dari narkoba.