Tentang kesehatan

Arteri yang tersumbat telah menjadi selebriti di surat kabar dalam beberapa bulan terakhir ini, sedikit lebih lama dari yang kebanyakan orang pernah baca sebelumnya. Bill Clinton mendapatkan prosedur pemasangan stent untuk membantu mengatasi arteri yang tersumbat; David Letterman mendapatkan operasi bypass lima arah

karena semua arterinya mengalami penyumbatan.

Kebanyakan orang yang berkunjung ke dokter karena masalah penyumbatan arteri, seringkali disarankan oleh dokter bahwa pilihan terbaik yang dimilikinya untuk mencegah serangan jantung adalah angioplasti.

Ini adalah suatu prosedur dimana mereka akan memasukkan alat kedalam arteri yang menutup; alat ini akan mengembang seperti balon, menggencet semua plak yang terdeposit di dinding arteri tersebut dan membukanya. Setelah arterinya terbuka, mereka meletakkan suatu tabung sangat kecil yang disebut stent untuk menjaga arteri agar tidak menutup kembali. Cara ini selalu dianggap sebagai cara yang sederhana dan bagus untuk mengatasi masalah yang serius.

Namun sekarang, para dokter mulai berpikir sebaliknya - suatu angioplasti untuk membuka arteri yang tersumbat mungkin bukanlah jalan terbaik untuk mencegah serangan jantung, inilah yang mereka rasakan. Terlebih lagi, kecuali bila Anda benar-benar mengalami serangan jantung, para dokter merasa ini bukanlah cara yang baik untuk membuat Anda hidup lebih lama.

Bila arteri Anda ada yang tersumbat, tetapi Anda terlihat baik-baik saja, obat-obatan statin biasa yang berguna untuk menurunkan kolesterol dapat menjadi pilihan lebih baik. Dan ini semua bukan berlandaskan penelitian yang kurang jelas - ini berlandaskan pada New England Journal of Medicine. Saat ini, hasil penelitiannya menjadi sesuatu yang relevan. Ada satu juta prosedur angioplasti yang telah dilakukan di seluruh wilayah Amerika setiap tahunnya, dan sejauh yang dikhawatirkan oleh American Heart Association, ini adalah dua kali jumlah yang seharusnya memang perlu dilakukan. Jadi mengapa para dokter merasa bahwa balon angioplasti tidak memberikan solusi yang cukup baik?

Masalahnya adalah, bila seseorang tidak akan mengalami serangan jantung pada saat itu, suatu balon angioplasti tidak akan benar-benar mengatasi masalah yang memang perlu diselesaikan, yaitu sumbatan sangat kecil dan bukan sumbatan besar yang mana angioplasti memang dibuat untuk mengatasinya.

Sumbatan sangat kecil terkadang lepas dan mengalir didalam arteri dan kemudian menyumbat sesuatu yang sangat penting. Biasanya dokter akan mengabaikan sumbatan kecil dan mencari sumbatan besar karena sumbatan ini tampak menakutkan. Saat sumbatan kecil menyumbat arteri yang penting, Anda bisa mendapatkan serangan jantung. Apa yang Anda perlukan adalah olahraga dan obat-obatan penurun kolesterol. Inilah yang bisa mengatasi plak-plak atau sumbatan-sumbatan kecil.

Bila dokter Anda bersikeras untuk berpegang pada prosedur lama dengan merekomendasikan angioplasti untuk arteri yang tersumbat, mungkin sebaiknya Anda mencari pendapat dokter lainnya terlebih dahulu.