Tentang kesehatan

Angka tekanan darah cap=H]ipertensi dapat merusak banyak organ tubuh. Akibatnya, terutama dapat merusak jantung. Tekanan darah tinggi dan penyakit jantung berhubungan sangat erat dikarenakan tekanan darah sedang hingga tinggi akan meningkatkan kerja sisi kiri jantung secara signifikan. Gangguan pada arteri akan menghambat aliran darah, ketika ini terjadi jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke dalam sistem arteri termasuk aorta. Ketika suatu otot bekerja terlalu keras, maka akan cenderung untuk

bertambah besar dan hal ini juga berlaku untuk otot jantung. Pembesaran jantung merupakan tanda dari suatu masalah dan dapat dideteksi dengan beberapa cara seperti menggunakan sinar X, elektrodiagram atau cek fisik.

Pada kebanyakan pasien tekanan darah tinggi, dinding bilik jantung sebelah kiri akan menebal. Ini akan meningkatkan kerja jantung dan pada akhirnya kerja jantung akan terputus-putus dan sisi kiri jantung tidak akan memompa darah dengan cukup. Ketika ini terjadi, organ dan jaringan utama dari tubuh akan mengalami kekurangan darah dan akan menjadikan seseorang lesu dan lemah. Karena tekanan yang tinggi dalam bilik kiri jantung, darah dari paru-paru tidak dapat mengalir ke bilik jantung bagian atas (atrium).

Sebagai hasilnya, jaringan paru-paru menjadi padat di mana akan menyebabkan sesak nafas dan batuk-batuk. Pasien akan menderita batuk kering atau dahak berbusa dengan noda darah di dalamnya. Ini akan menjadi pengalaman yang sangat menakutkan bagi penderita dan yang melihatnya. Pada serangan akut, pasien akan tercekik hinga meninggal. Sesak nafas karena masalah jantung akan terlihat ketika melakukan aktivitas fisik dalam waktu lama. Jika kondisi ini berlanjut, sesak nafas akan terjadi bahkan ketika tidur. Ini merupakan situasi yang serius dan butuh untuk ditangani dengan segera.

Jika kerusakan menjadi parah, sisi kanan jantung juga akan ikut terkena. Ketika tekanan muncul dalam atrium kanan, maka akan sulit bagi pembuluh darah untuk menarik darah ke dalamnya. Ketika kondisi jantung memburuk ke tingkat ini, pembuluh darah luar kerongkongan akan menjadi besar dan menonjol. Pembuluh ini dekat dengan kulit dan akan terlihat bahkan pada orang dewasa yang sehat, tetapi jantung yang stres akan meningkatkan tonjolannya. Ada beberapa gejala lain dari kegagalan sisi kanan jantung, antara lain pembesaran hati , pembengkakkan mata kaki dan kaki, kehilangan nafsu makan, pembengkakkan perut dan penurunan pembuangan urine. Tekanan darah tinggi dan penyakit jantung seringkali mempunyai hubungan sebab dan akibat dan membuat perubahan gaya hidup yang tepat dapat membantu melawan keduanya.