Penyakit Vaskular PeriferPenyakit arteri perifer (Peripheral artery disease/PAD) adalah kondisi jantung yang mirip dengan penyakit arteri koroner dan penyakit arteri karotid. Pada PAD, penumpukan lemak terjadi di lapisan dalam dinding arteri. Penumpukan ini menghalangi aliran sirkulasi darah, utamanya pada arteri yang menuju ke ginjal, lambung, tangan, kaki, dan telapak kaki.

Pada tahap awal, gejala umum seperti kram atau kelelahan di kaki dan pantat dapat terjadi ketika

beraktivitas. Kram tersebut akan mereda ketika penderita berdiri diam. Ini disebut dengan "klaudikasi intermiten". Mereka yang memiliki PAD sering memiliki penumpukan lemak di arteri-arteri jantung dan otak. Karena hal ini, kebanyakan orang yang menderita PAD memiliki kecenderungan tinggi untuk meninggal akibat serangan jantung dan stroke.

Ada dua tipe kelainan sirkulasi:

Penyakit vaskular perifer fungsional tidak memiliki penyebab organik. Penyakit ini tidak melibatkan cacat pada struktur pembuluh darah. Biasanya berupa efek singkat "spasm/kejang" yang dapat timbul dan menghilang. Penyakit Raynaud (Raynaud's disease) adalah contohnya. Penyakit ini dapat dipicu oleh temperatur yang dingin, stres emosional, bekerja dengan mesin yang bergetar atau juga merokok.

Penyakit vaskular perifer organik disebabkan oleh perubahan struktural di pembuluh darah, seperti inflamasi dan kerusakan jaringan. Penyakit arteri perifer adalah contohnya. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan lemak di arteri yang menghalangi aliran normal darah.

Bagaimana penyakit arteri perifer didiagnosa dan dirawat?

Teknik yang digunakan untuk mendiagnosa PAD termasuk didalamnya adalah pemeriksaan riwayat medis, pemeriksaan fisik, ultrasound, X-ray angiografi dan pencitraan resonansi magnetik angiografi (MRA).

Kebanyakan penderita PAD dapat dirawat dengan perubahan gaya hidup, pengobatan atau dengan keduanya. Perubahan gaya hidup untuk mengurangi risiko dengan cara berhenti merokok, kontrol diabetes dan tekanan darah. Menjadi aktif secara fisik, konsumsi makanan rendah lemak dan diet rendah kolesterol.

PAD kemungkinan memerlukan perawatan obat-obatan juga. Obat-obatan termasuk di dalamnya adalah pengobatan untuk membantu meningkatkan ketahanan berjalan, yaitu obat penurun kolesterol (statin) dan obat antiplatelet.