Angioedema yang juga disebut dengan Quincke's edema, adalah pembengkakan yang terjadi di jaringan bawah permukaan kulit. Penyakit kulit yang biasanya merupakan reaksi sistem vascularalergi terhadap obat-obatan atau makanan.
Terjadinya Angioedema juga harus diberikan perhatian khusus karena dapat menunjukkan kondisi yang mendasari penyakit yang lebih serius seperti leukemia atau penyakit Hodgkin.

Dalam dunia medis, ada dua divisi dasar atau klasifikasi dari Angio ...



edema. Pertama, angioedema turunan atau HAE (hereditary angioedema) --- ini diperoleh secara genetik atau bawaan, dan akan cenderung untuk terus berulang meskipun dengan pengobatan intensif.

Jenis yang lainnya disebut acquired angioedema atau AAE yang  diperoleh melalui cara lain di luar faktor genetik.

Angioedema membutuhkan waktu hitungan menit atau bahkan berjam-jam untuk berkembang sempurna. Satu hal menarik tentang angioedema adalah bahwa ia dapat menulari atau mempengaruhi satu sisi atau bagian dari tubuh, sementara sisi lainnya atau bagian lainnya tidak terpengaruh.

Hal ini penting untuk mengetahui fakta yang mendasari, pencegahan dan pengobatan angioedema karena penyakit kulit ini bisa berakibat fatal jika tidak diobati.

 

Mengidentifikasi angioedema


Gejala dan indikasi bahwa seseorang telah mengidap angioedema dapat bervariasi. Biasanya, penyakit ini mempengaruhi kelopak mata, lidah, bibir, telapak tangan, telapak kaki, tenggorokan, dan yang mengejutkan adalah beberapa kejadian di alat kelamin. Setiap bagian tubuh tersebut merasakan sakit dan sensasi terbakar. Sering kali, bagian yang terinfeksi juga bengkak.

Masalah dalam bernafas, terutama yang ditandai dengan tenggorokan bengkak atau perasaan sesak dengan suara serak juga bisa menunjukkan adanya angioedema.

Dalam beberapa kasus, ada juga yang mengalami sakit perut dan diare. Ini dapat disertai dengan nafsu makan berkurang atau hilang dan kadang-kadang disertai mual atau muntah.

Secara fisik, seseorang dapat mengetahui apakah ia memiliki angioedema adalah jika daerah di sekitar matanya sangat bengkak. Untuk meyakinkan, periksalah apakah orang tersebut mengalami perubahan warna ruam atau bercak di wajah, kaki, tangan, dan jika memungkinkan periksa juga di daerah kelamin atau organ seks.

Ada lagi jenis angioedema yang disebut juga angioedema-sindrom eosinofilia, yaitu ketika orang itu merasa seperti memiliki demam dan gatal-gatal. Bentuk angioedema juga ditandai dengan jumlah sel darah putih yang tinggi, nyeri otot, kenaikan atau penurunan berat badan, atau buang air kecil berkurang.

Mengobati angioedema


Perhatian utama dokter dan perawat rumah sakit ketika merawat angioedema adalah memastikan bahwa saluran napas tidak terblokir atau pernafasan tidak terganggu.

Ada beberapa obat yang sering diresepkan untuk mengobati penyakit ini. Diantaranya adalah antihistamin, kortikosteroid dan epinefrin.

Jika serangan angioedema sudah menjadi parah, pastikan pasien segera dilarikan ke rumah sakit terdekat karena tenaga profesional akan harus terlebih dahulu membuka saluran udara yang tertutup untuk membantu menstabilkan kondisi korban.

Pencegahan


Ada beberapa makanan dan pengawet makanan yang diketahui dapat memicu serangan angioedema pada sebagian orang. Jika Anda memiliki sejarah angioedema, penting untuk menjauhi atau menghilangkan makanan berikut ini dari menu harian Anda.

  • Berry
  • Coklat
  • Polong-polongan
  • Makanan laut
  • Susu
  • Telur
  • Kacang-kacangan


Sebagian orang juga disarankan untuk tidak makan buah jeruk dan makanan atau minuman yang mengandung sulfida, termasuk beberapa minuman fermentasi.