hati defribrilator

antung berhenti mendadak adalah kematian akibat dari jantung yang tiba-tiba kehilangan fungsinya (serangan jantung). Korban bisa saja didiagnosa mengidap penyakit jantung namun bisa juga tidak. Waktu dan cara kematian datang tidak tak terduga. Ini terjadi dalam beberapa saat saja setelah gejala-gejalanya muncul. Alasan paling umum untuk pasien mati mendadak

dari serangan jantung adalah penyakit jantung koroner (lemak menumpuk dalam arteri yang berfungsi memasok darah ke otot jantung).

Semua penyakit jantung diketahui dapat menyebabkan serangan jantung atau jantung berhenti mendadak. Sebagian besar serangan jantung yang mengakibatkan kematian mendadak terjadi ketika gerakan listrik di jantung yang sakit menjadi cepat (takikardia ventrikular), kacau (fibrilasi ventrikular) atau keduanya. Irama jantung yang tidak biasanya (aritmia) ini menyebabkan jantung tiba-tiba berhenti berdetak. Beberapa serangan jantung terjadi karena jantung secara ekstrim menjadi lambat. Ini disebut bradikardia. Bradikardia terjadi sangat umum pada bayi prematur.

Dalam 90 persen dari korban dewasa yang meninggal karena jantung berhenti mendadak, dua atau lebih arteri koroner utama menyempit oleh lemak yang menumpuk. Bekas luka dari serangan jantung sebelumnya ditemukan pada dua-pertiga dari korban. Ketika kematian mendadak terjadi pada orang yang masih muda, kemungkinan disebabkan oleh kelainan jantung lainnya. Adrenalin dilepaskan selama aktivitas fisik atau olahraga yang intens sering bertindak sebagai pemicu kematian mendadak pada penderita kelainan jantung. Dalam kondisi tertentu, berbagai obat jantung dan obat lainnya, serta penyalahgunaan obat terlarang, dapat menyebabkan irama jantung menjadi abnormal yang menyebabkan kematian mendadak.

Istilah 'serangan jantung' sering disalah-gunakan dalam media untuk menggambarkan kematian mendadak. Serangan jantung merujuk pada kematian jaringan otot jantung karena kehilangan suplai darah, belum tentu mengakibatkan serangan jantung atau kematian korban serangan jantung tersebut. Sebuah serangan jantung dapat menyebabkan serangan jantung dan kematian jantung mendadak tetapi istilahnya yang tidak sama.