Jantungpakah Anda tahu bahwa kardiovaskuler atau penyakit jantung merupakan satu dari penyebab kematian tertinggi untuk pria dan wanita berusia 35 tahun ke atas ? Sayangnya, hal ini benar. Penyebab dari kardiovaskuler atau penyakit jantung adalah gaya hidup yang tidak sehat yang dilakukan oleh para penderitanya, seperti menggunakan tembakau, tidak berolahraga, dan

makanan yang tidak sehat. Tetapi, apa sebenarnya penyakit kardiovaskuler itu?

Penyakit kardiovaskuler meliputi kerusakan kondisi jantung, pembuluh arteri, dan vena yang berfungsi mensuplai oksigen pada bagian penting dari tubuh kita seperti otak, jantung itu sendiri, dan organ vital lainnya. Walaupun istilah tersebut secara teknis mengacu pada setiap penyakit yang mempengaruhi sistem kardiovaskuler kita, tetapi biasanya digunakan untuk mengacu pada hal-hal yang berhubungan dengan Aterosklerosis atau penyakit pembuluh arteri. Jika oksigen dan nutrisi lain tidak sampai pada jaringan atau organ lain dalam tubuh kita, maka tubuh kita tidak dapat berfungsi dengan baik dan parahnya dapat menyebabkan kematian.

Kardiovaskuler atau penyakit jantung biasanya terjadi sebagai akibat dari terlukanya arteri. Penyakit Jantung Iskemik merupakan istilah teknis untuk penyumbatan aliran darah menuju jantung. Biasanya, ini terjadi sebagai akibat dari kelebihan lemak atau penggumpalan plak dalam dinding pembuluh darah, yang akan mempersempit pembuluh yang mensuplai darah pembawa oksigen serta nutrisi lainnya menuju jantung. Penumpukan lemak yang berlebihan disebut arteriosklerosis, dan penumpukan plak yang berlebihan disebut Aterosklerosis. Kekurangan suplai oksigen pada otak dapat menyebabkan stroke.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi biasanya akan mengakibatkan penumpukan lemak atau plak sebagai akibat dari kerja keras yang dilakukan untuk mengedarkan darah. Walaupun jantung Anda bekerja dengan keras, ketika terdapat penyumbatan tersebut tetap akan membuat suplai darah pada semua bagian tubuh kurang. Sistem kekebalan tubuh kita akan mencoba untuk memperbaiki kerusakan yang ada, tetapi tidak untuk waktu yang lama.

Kerusakan pada jaringan jantung yang disebabkan oleh kardiovaskuler atau penyakit jantung dapat menyebabkan serangan jantung mematikan atau stroke. Gejala dan pengobatan akan sangat bergantung pada bagian arteri yang terluka. Pada penyakit jantung koroner, penumpukan dari zat lemak pada dinding pembuluh darah akan menyumbat arteri koroner (pembuluh darah yang menyuplai jantung). Penyempitan dari arteri disebut Stenosis Arteri. Jika penyumbatan menjadi lebih parah, maka aliran darah menuju jantung menjadi tidak mungkin, terutama selama pengerahan tenaga fisik atau emosi, dan akan mengakibatkan rasa sakit yang meremas-remas pada dada, lengan, dan kaki. Gejala tersebut harus ditindaklanjuti untuk mencegah kejadian yang lebih buruk.

Anda harus selalu ingat bahwa pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Pengawasan tingkat kolesterol yang baik sangat penting untuk mencegah stroke yang disebabkan oleh kardiovaskuler atau penyakit jantung. Lakukanlah aktivitas fisik yang menyenangkan untuk membantu peredaran darah. Makanlah makanan yang tidak meningkatkan panas tubuh dan lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk membantu Anda hidup bebas dari kardiovaskuler atau penyakit jantung.

Comments (0)

There are no comments posted here yet

Leave your comments

  1. Posting comment as a guest. Sign up or login to your account.
Attachments (0 / 3)
Share Your Location