Jika Bedah Bypass Jantung adalah Ide yang Bagus, dapatkah Anda Berharap Hidup Lebih Lama?Sepanjang yang dapat diingat oleh semua orang, operasi bypass jantung telah menjadi standar emas bagi semua proses pembedahan. Demikianlah yang terjadi bagi orang-orang Amerika, yang jumlahnya melampaui 1 juta orang, yang terkena serangan jantung setiap tahunnya. Namun begitu, para peneliti mulai menemukan bahwa bisa jadi para dokter merekomendasikan begitu saja operasi bypass secara bebas, tanpa sungguh-sungguh memikirkan berdasarkan kasus per kasus. Penelitian yang ada kemungkinan juga menunjukkan bahwa cara yang ditempuh para dokter untuk melakukan angioplasti, pengobatan awal untuk serangan jantung, tidaklah sepenuhnya benar. Untuk melakukan suatu angioplasti, dokter

biasanya memasukkan kateter melalui pembukaan di daerah kaki; para peneliti menemukan bahwa jika kateter dimasukkan melalui salah satu lengan, komplikasi yang diderita pasien akan jauh berkurang. Mengapa? Karena memasukkan kateter melalui lengan adalah cara para dokter di Eropa dan Kanada.

Mari kita kembali ke operasi bypass jantung. Dokter bedah sudah lama sulit mempercayai hasil penelitian ini; meskipun demikian, mereka gagal menolak fakta bahwa hasil penelitiannya valid. Temuan-temuan penelitian ini adalah bahwa dalam banyak kasus, ketika dokter spesialis bedah merekomendasikan prosedur bypass, dia tidak melakukan apapun untuk membantu peningkatan harapan hidup pasiennya. Pada banyak pasien yang sudah diketahui bahwa pasien tersebut mengonsumsi obat-obatan untuk darah tinggi atau kolesterol, penelitian menemukan bahwa bedah bypass jantung tidak akan memperbaiki apapun. Penyumbatan arteri tampaknya adalah penyebab pada 70% kasus gagal jantung di Amerika. Ketika arteri mengalami penyumbatan, jantung yang berupaya sangat keras untuk memompa darah melalui pembuluh sempit tersebut akan membesar, kemudian melemah. Teorinya mengatakan bahwa jika Anda memberikan rute baru yang bersih dan jelas bagi jantung untuk memompa darah, hal ini menjadikan kerja jantung lebih mudah dan pasien dapat diselamatkan.

Tidak ada yang benar-benar tahu mengapa; namun riset dan penelitian menemukan bahwa para dokter belum mampu meningkatkan skor nasional dalam hal kematian akibat serangan jantung. Orang yang menjalani bedah bypass jantung bisa jadi mengalami serangan jantung sebanyak yang dialami orang yang tidak menjalaninya. Adakalanya, mereka yang mengalami pembedahan mati lebih cepat. Jika Anda ingin membaca mengenai penelitian ini, lihatlah New England Journal of Medicine.

Temuan mereka yang mengejutkan dalam penelitian adalah bahwa angioplasti dapat membantu pasien jantung sama baiknya. Memasukkan kateter melalui tangan pasien, bukannya melalui kaki, akan sangat membantu pasien. Pasien yang melalui prosedur ini bisa bangun dari tempat tidur hanya dalam beberapa jam. Bandingkan kondisi tersebut dengan pasien yang mendapatkan bedah dengan kateter melalui kaki. Dia harus menginap di rumah sakit selama satu atau dua hari. Tidak harus banyak berpikir untuk membandingkan kedua fakta tersebut. Pikirkan saja berapa banyak yang dapat dihemat oleh perusahaan asuransi, dan uang yang Anda hemat untuk membayar premi!

Comments (0)

There are no comments posted here yet

Leave your comments

  1. Posting comment as a guest. Sign up or login to your account.
Attachments (0 / 3)
Share Your Location