Tentang kesehatan

Pengobatan Sakit Tenggorokan di Rumah

Pengobatan Sakit Tenggorokan di Rumahakit tenggorokan biasanya tidak serius sehingga pergi ke dokter untuk pengobatan mungkin tidak terlalu berguna atau terlalu berlebihan. Tidak heran jika banyak pengobatan rumahan bagi sakit tenggorokan yang digunakan dan sangat efektif.

Namun pertama-tama, cukup penting untuk mencari tahu apa penyebab munculnya sakit tenggorokan. Biasanya ada dua macam penyebab sakit tenggorokan: flu dan pilek serta

radang tenggorokan. Ada banyak penyebab sakit tenggorokan lainnya namun yang cukup umum adalah dua hal tersebut.

Banyak pengobatan sakit tenggorokan pada dasarnya adalah menjaga tubuh cukup terhidrasi, baik dengan minum teh herbal buatan rumahan atau cukup dengan minum banyak air atau jus alami. Tidak hanya karena minuman ini banyak tersedia namun dengan minum cairan, terutama yang hangat, juga membantu menenangkan tenggorokan dan menjaga tenggorokan terlumasi dengan baik.

Teh dari daun raspberry terutama sangat berguna bukan hanya karena dapat dididihkan, disaring dan diminum, namun juga dapat digunakan sebagai obat kumur bagi sakit tenggorokan. Teh lainnya yang dapat menenangkan sakit tenggorokan adalah chamomile, thyme dan sage dan bahkan sari bawang putih yang diberi sedikit madu terbukti dapat membantu mereka yang menderita sakit tenggorokan.

Namun, pengobatan sakit tenggorokan paling klasik adalah metode penguapan. Digunakan sejak beberapa generasi, metode ini adalah dengan mengisi sebuah mangkok penuh dengan air panas, ditambah beberapa tetes dekongestan semacam minyak kayu putih dan tempatkan handuk menutupi kepala lalu bernafas dalam uapnya. Ini membantu membuka saluran pernapasan dan mengurangi infeksi yang mungkin menyerang tenggorokan.

Lemon dan madu juga merupakan salah satu obat sakit tenggorokan. Dua kandungan ini secara bersama-sama bisa dibuat seperti teh untuk mengurangi kekeringan pada tenggorokan dan juga baik untuk mengurangi tenggorokan yang gatal dan meradang.

Salah satu obat sakit tenggorokan yang akan disukai mereka yang menggemari yang manis-manis adalah makan permen keras. Gula dalam permen adalah sumber yang baik untuk menjaga tenggorokan nyaman, ditambah dengan gerakan mengisap permen membuat mulut memproduksi ludah yag secara alami akan mengurangi kekeringan yang seringkali ditimbulkan sakit tenggorokan.

Namun yang paling penting sekali, pengobatan rumahan untuk sakit tenggorokan harus dimulai dengan berkumur, minum banyak cairan, terutama cairan hangat dan banyak istirahat serta relaksasi.