Tentang kesehatan

Pengobatan Alternatifengobatan Alternatif menjadi semakin populer sebagai alternatif pengganti obat konvensional yang diresepkan oleh dokter, karena pengobatan alternatif bebas dari bahan-bahan kimia. Secara teori, pengobatan alternatif adalah obat-obatan yang tidak masuk di dalam kerangka ilmiah pengobatan Barat. Obat-obatan yang telah terbukti efektif secara ilmiah dan

memiliki teori yang menjelaskan efektivitas mereka tidak lagi dianggap sebagai obat alternatif. Beberapa negara memiliki asosiasi medis yang bertugas menangani setiap aspek dari obat. Di dalam ulasan ini, definisi obat tradisional adalah setiap obat yang belum diterima keabsahannya secara ilmiah. Di dalam beberapa negara, Pijat juga dikelompokkan sebagai obat alternatif.

Bagi beberapa orang, yang masuk dalam kategori pengobatan alternatif hanyalah ramuan herbal. Herbal memang obat tradisional, tetapi herbal bukanlah satu-satunya obat-obatan alternatif yang beredar di pasaran saat ini. Obat-obatan herbal telah ada bersama kita sejak lama dan saat ini beredar dalam berbagai bentuk yang berbeda seperti suplemen atau dalam bentuk minuman. Obat herbal juga dapat mengobati banyak penyakit yang dapat diobati oleh obat-obatan konvensional dan mengobati lebih banyak penyakit yang tidak dapat ditangani oleh obat konvensional. Meskipun herbal telah terbukti dapat mengobati banyak penyakit, cukup banyak orang yang mendapat pengaruh buruk dari penggunaan herbal karena para ahli herbal yang menjadi rujukan mereka tidak pernah memberi dosis yang tepat atau tidak pernah memperingatkan tentang efek sampingnya. Permasalahan tersebut harus ditanyakan dulu kepada seorang ahli herbal yang terlatih sebelum seseorang memutuskan untuk mengonsumsi obat-obatan herbal.

Pengobatan alternatif lainnya adalah obat-obatan Oriental. Obat-obatan ini dianggap sebagai satu-satunya obat alternatif yang benar-benar dapat dibandingkan dengan obat-obatan Barat dan dianggap mempunyai sistem pengobatan yang baik dan lengkap. Yang termasuk obat-obatan oriental diantaranya adalah terapi herbal, pijat, qi gong dan akupunktur. Obat tradisional yang berasal dari Cina adalah salah satu bentuk obat oriental, dan merupakan satu-satunya obat oriental yang banyak ditemukan di negara-negara seperti Amerika Serikat.

Bagi sebagian besar penduduk di negara Asia obat oriental dianggap sebagai obat konvensional sedangkan obat-obatan barat dianggap sebagai pengobatan alternatif. Pijat menggunakan cara yang berbeda untuk menyembuhkan penyakit tanpa menggunakan obat-obatan konvensional. Pijat menggunakan peralatan atau tangan untuk memanipulasi tendon dan otot-otot dan biasanya digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri serta untuk mengurangi stres. Pijat bisa efektif untuk menyembuhkan beberapa kondisi seperti fibromyalgia, sindrom carpal tunnel ( Terowongan Karpal )dan gangguan makan. Selain itu pijat dapat mengobati cedera otot untuk menghindari terbentuknya bekas luka serta membatasi jangkauan gerak. Ada berbagai jenis pijat diantaranya adalah Deep Tissue, Shiatsu, Pijat Swedia, pijat Thailand, pijat Kursi, Pijat Medis, Lomi Lomi, Hot Stone dan masih banyak lagi lainnya. Sebaiknya Anda terlebih dahulu berkonsultasi dengan ahlinya sebelum memilih pengobatan alternatif.