Tentang kesehatan

Perawatan Memutihkan Gigi yang Populeranyak orang yang ingin memiliki senyum cemerlang dengan gigi yang cerah dan berkilau. Untuk mendapatkannya, mereka mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk pemutih gigi. Bleaching adalah salah satu dari beberapa metode untuk memutihkan gigi.


Bleaching adalah metode pemutihan gigi yang sangat bagus dan merupakan pengobatan yang paling banyak dikenal untuk memutihkan gigi karena lebih murah dibandingkan dengan metode laser. Pengobatan ini dilakukan tanpa menghilangkan apa pun pada lapisan luar gigi.

Setiap orang memiliki warna gigi yang berbeda. Dan tentu saja, banyak perokok yang memiliki gigi bernoda. Tetapi beberapa orang yang lain dikaruniai dengan gigi seputih mutiara.

Biasanya, metode bleaching cocok digunakan oleh mereka yang warna giginya berubah seperti perokok dan mereka yang tidak memiliki kebiasaan menggosok gigi dengan benar. Disarankan agar Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi sebelum menggunakan produk-produk pemutih gigi.

Dokter Gigi akan memberitahu apakah Anda cocok untuk menjalani perawatan pemutihan gigi dan akan merekomendasikan metode ini jika Anda memang cocok untuk menjalaninya. Pertama kali, dokter gigi akan mengoleskan semacam gel atau perisai karet pada gusi sehingga jaringan lunak gusi tersebut tidak akan rusak. Kemudian dokter akan mengoleskan produk pemutih pada gigi dengan menggunakan semacam wadah yang sesuai dengan bentuk mulut Anda. Setelah itu dokter gigi akan memberi beberapa instruksi yang harus Anda lakukan untuk meneruskan perlakuan ini sendiri di rumah.

Bahan-bahan aktif di dalam produk pemutih seperti karbamid peroksida atau hidrogen peroksida dapat membuat gigi menjadi putih. Ketika bahan aktif tersebut pecah, oksigen akan masuk ke dalam enamel gigi dan akan membuat warna gigi menjadi lebih terang. Perlakuan seperti ini biasanya dilakukan dalam tiga sampai empat minggu.

Ada beberapa produk keluaran baru yang dapat diterapkan pada gigi selama delapan jam pada setiap pemakaian. Dengan produk ini Anda dapat melakukan perawatan ketika Anda akan tidur. Hasilnya bisa diperoleh hanya dalam waktu satu minggu.

Anda masih memiliki pilihan lain untuk memutihkan gigi yaitu dengan menggunakan laser. Di dalam metode pemutihan gigi ini, semacam dam karet akan ditempatkan di atas gigi untuk melindungi gusi agar tidak rusak, dan kemudian produk pemutih dioleskan pada gigi. Laser digunakan untuk memicu bahan kimia yang  dioleskan pada gigi tadi. Hal ini akan meningkatkan efek kimia dari produk pemutih tersebut sehingga perubahan warna gigi dapat dicapai dengan cepat. Dokter gigi harus memeriksa gigi Anda terlebih dahulu untuk memastikan apakah Anda cocok atau tidak untuk menjalani prosedur ini. Ini adalah prosedur tercepat yang mungkin hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam.

Efek dari pemutihan gigi bisa berlangsung sampai tiga tahun dan bisa berbeda pada tiap-tiap orang. Tentu saja jika Anda tetap merokok dan minum atau makan produk-produk yang dapat merubah warna gigi, efek pemutihan tersebut akan berlangsung dalam waktu yang lebih singkat. Selama atau setelah melakukan prosedur pemutihan, gigi Anda akan menjadi sensitif terhadap dingin. Namun gejala-gejala ini biasanya akan hilang dalam beberapa hari setelah perawatan dilakukan.

Ada banyak produk pemutih gigi yang beredar di pasaran. Produk-produk tersebut efektif dalam menghilangkan noda dan meningkatkan penampilan gigi Anda, tetapi tidak akan mempengaruhi warna asli dari gigi Anda. Setelah gigi Anda menjalani perawatan pemutihan, pasta gigi pemutih dapat membantu untuk membuat efeknya bertahan lebih lama.

Ada banyak cara untuk menjaga agar gigi Anda tetap putih. Cobalah mengurangi mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat menyebabkan terjadinya noda atau perubahan warna pada gigi Anda. Berhentilah merokok dan biasakan untuk menggosok gigi tiga kali sehari untuk mencegah noda atau berubahnya warna gigi.