Latihan yang Sangat Berguna untuk Osteoporosisika seseorang melakukan latihan secara teratur, maka dia mungkin hidup lebih lama. Olahraga atau latihan memiliki banyak keuntungan, termasuk mendinginkah tubuh, memfasilitasi pengurangan berat badan dan meningkatkan sistem peredaran darah. Sayangnya, ada orang-orang tertentu yang tidak dapat melakukan latihan tersebut karena kondisi kesehatan yang diderita. Sebagai contohnya, mereka yang mengidap osteoporosis memiliki kebutuhan khusus, sehingga rutinitasnya pun berbeda.

Pentingnya latihan bagi osteoporosis.

Setiap kali tulang menjadi rapuh karena kehilangan kolagen, maka osteoporosis akan muncul. Kalsium adalah mineral penting yang membantu dalam pembentukan tulang yang kuat. Akan tetapi, karena orang memiliki kebiasaan buruk seperti merokok atau minum alkohol terlalu banyak, mereka menyebabkan pengurasan kalsium dalam tulang mereka sendiri. Perempuan yang sudah menopause juga sangat cenderung terkena osteoporosis, makanya mereka harus berolahraga. Biasanya, perempuan melakukan olahraga seperti berenang, joging, atau senam aerobik untuk meningkatkan stamina, namun latihan angkat beban juga lebih baik untuk membangun kekuatan. Ketika otot membawa beban, otot tersebut mengembangkan kekuatan secara perlahan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa, bahkan perempuan berusia lanjut bisa mendapatkan keuntungan untuk osteoporosis dari latihan angkat beban . Manfaat lain dari latihan seperti itu adalah peningkatan fleksibilitas. Akan tetapi, manfaat fisik yang harus didapatkan oleh perempuan selain kekuatan adalah keseimbangan. Ketika seorang perempuan bisa menyeimbangkan diri dengan baik, dia mungkin mampu menghindari kecelakaan seperti tergelincir. Cedera seperti tergelincir atau jatuh bisa diminimalisir ketika seseorang memiliki keseimbangan yang baik.

Latihan yang mungkin dilakukan bagi penderita osteoporosis

Latihan perlawanan bisa dianggap cocok untuk penderita osteoporosis. Karet elastis mudah dibawa dan tidak memerlukan tempat yang luas untuk melakukan rutinitas olahraga anda. Begitu pula, angkat berat seperti barbel bisa memfasilitasi pertumbuhan otot dan perkembangan tulang bagi wanita lanjut usia. Sekali latihan selama 30 menit, 2 atau 3 kali dalam seminggu akan memberi pengaruh yang signifikan terhadap kepadatan tulang Anda. Hal yang sama berlaku ketika Anda melakukan latihan angkat berat, juga meningkatkan kepadatan tulang Anda. Disamping itu, latihan berat bebas menggunakan swiss ball memberikan dua manfaat penting : keseimbangan dan kesehatan. Tidak peduli apakah perlengkapan atau metode latihan kekuatan yang Anda gunakan, semuanya merupakan perjuangan melawan osteoporosis. Namun demikian, selalu kunjungi dokter sebelum Anda memulai segala jenis program latihan.

Comments (0)

There are no comments posted here yet

Leave your comments

  1. Posting comment as a guest. Sign up or login to your account.
Attachments (0 / 3)
Share Your Location