Tips Sederhana untuk Memperbaiki Nutrisi AndaKenyataan bahwa anggaran belanja Anda hampir tidak dapat memenuhi semua kebutuhan keluarga Anda, tidak berarti Anda harus menghindari makanan yang bergizi. Anda tetap dapat berusaha meningkatkan jumlah makanan bergizi dalam makanan Anda. Sebagai contoh, pastikan bahwa sebagian dari belanjaan Anda terdiri dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Karena beberapa jenis buah memiliki harga eceran yang lebih tinggi daripada buah yang lain, Anda dapat memilih buah yang umum untuk makanan sehari-hari dan membeli beberapa buah mahal untuk resep dan acara spesial. Di banyak tempat,

pisang tersedia dengan mudah dan lebih murah daripada stroberi, nanas dan semangka. Anda bisa mendapatkan berbagai nutrisi dari pisang seperti vitamin B6, yang penting bagi kesehatan otak, kalium, magnesium bahkan serat, yang akan mengurangi risiko penyakit jantung. Pastikan bahwa anggaran Anda mencukupi nutrisi penting seperti protein, vitamin, karbohidrat dan lemak. Jika Anda tahu bagaimana membuat banyak variasi dari bahan makanan yang tersedia, Anda akan menyadari bahwa sebelumnya Anda telah membatasi diri sendiri.

Pada catatan yang sama, carilah cara untuk memasukkan makanan bergizi yang tidak disukai oleh anggota keluarga. Dalam setiap keluarga, ada makanan yang disebut sebagai makanan favorit sementara yang lain disingkirkan dan tidak pernah berada di dalam daftar belanjaan. Jika Anda mendapatkan cara-cara kreatif untuk menyiapkan makanan untuk anggota keluarga yang pemilih dalam hal makanan, maka Anda akan memberi mereka nutrisi yang lebih baik. Misalnya, wortel, labu dan sayur-sayuran lain mungkin bukan makanan favorit. Namun, jika Anda dapat belajar bagaimana memanggang kue wortel atau untuk membuat perkedel labu dan miju-miju, anggota keluarga Anda akan menyukainya sedikit demi sedikit. Jika Anda telah mencoba merebus beberapa makanan 'tabu' itu, Anda bisa mencoba menggoreng atau memanggangnya dan melihat responnya. Makanan harus dikeluarkan dari daftar jika menimbulkan reaksi alergi, bukan ketika anggota keluarga tidak menyukainya. Sebagian besar sayuran dapat dibuat menjadi sup yang sangat bergizi dan ini memungkinkan Anda untuk mencampurkan beberapa jenis sayuran. Misalnya, Anda dapat mencampur  wortel, kentang, bit dan kubis untuk membentuk kaldu yang kental yang dapat menyertai resep nasi dan daging.

Selain itu, pikirkan juga tentang jumlah lemak dalam menu makan Anda. Jika Anda menggunakan banyak minyak saat memasak, maka hal tersebut akan meningkatkan kemungkinan penyakit jantung. Periksa juga makanan yang dikonsumsi untuk memastikan bahwa kadar lemaknya rendah. Hal ini karena lemak kadar kalori yang tinggi bukan energi. Setelah lemak masuk ke dalam sistem tubuh, lemak akan diubah menjadi kalori dan disimpan sebagai jaringan lemak. Beberapa makanan kaya lemak termasuk margarin, produk susu, daging, saus untuk salad dan kacang. Sedikit lemak penting bagi kesehatan kulit, mengatur tingkat metabolisme kolesterol dan menyediakan asam lemak. Namun, terlalu banyak dapat menyebabkan obesitas dan serangkaian penyakit seperti penyakit jantung. Bahan lain yang harus Anda kurangi dalam makanan adalah gula dan garam. Perbaikan nutrisi dapat dilakukan dan tak ternilai harganya.

 

Comments (0)

There are no comments posted here yet

Leave your comments

  1. Posting comment as a guest. Sign up or login to your account.
Attachments (0 / 3)
Share Your Location