menurunkan gula darahMelewatkan jadwal makan hanyalah salah satu penyebab rendahnya kadar gula darah dan ini perlu Anda hindari. Saat Anda melewatkan jadwal makan Anda, tubuh akan kelaparan terhadap nutrisi dan benar-benar tidak tahu apa yang harus dilakukannya. Saat tubuh Anda tidak tahu apa yang harus dilakukannya, pada akhirnya ia akan memberitahu Anda kalau ia butuh makanan dengan cara

mengirimkan sinyal yang memberitahukan tubuh Anda sedang lapar.

Beberapa gejala yang dikirimkan tubuh adalah pandangan yang kabur, pusing, kebingungan mental, berkeringat, letih, dan perilaku abnormal. Bila Anda mengalami gejala-gejala ini, satu-satunya hal yang harus ada dalam pikiran Anda adalah mencari sesuatu untuk dimakan agar kadar gula darah Anda naik secepat mungkin.

Permen, segelas susu, atau roti dengan selai kacang dan madu adalah pilihan bagus untuk meningkatkan kadar gula darah Anda dengan cepat. Selai kacang dan madu adalah favorit saya karena madu akan meningkatkan kadar gula darah sangat cepat dan selai kacang akan memeliharanya. Anda juga dapat mencoba jus jeruk dengan menambahkan gula kedalamnya. Bila Anda memilih mengonsumsi jus jeruk, pastikan untuk mengonsumsi makanan yang lebih besar setelah itu, untuk menjaga kadar gula darah dalam batas normal.

Kadar gula darah normal seharusnya antara 70 dan 110 mg/dl. Bila Anda mengalami penurunan gula darah secara konsisten hingga dibawah 70 mg/dl, maka Anda dianggap menderita hipoglikemia dan harus segera menjalani perawatan. Hipoglikemia dianggap juga sebagai gejala awal dari diabetes. Dokter Anda akan dengan yakin meminta Anda untuk mengecek kadar gula darah setiap hari dan mencatatnya. Setelah satu bulan atau lebih, ia akan melihat catatan tersebut untuk mengetahui bagaimana kadar gula darah Anda pada waktu-waktu tertentu. Ini akan membantu dokter dalam merencanakan perawatan yang perlu Anda jalani.

Jika Anda seorang Diabetesi, kadar gula darah yang rendah mungkin bisa diakibatkan oleh obat-obatan yang Anda konsumsi. Jika Anda menggunakan dosis insulin yang sama selama beberapa waktu lamanya, Anda perlu berdiskusi dengan dokter tentang penyesuaian dosis obatnya bila Anda mengalami beberapa peristiwa Hipoglikemia terutama saat malam hari atau saat bangun di pagi hari. Ada beberapa tipe insulin berbeda yang dapat Anda gunakan untuk mengontrol diabetes.

Penyebab lain yang berkontribusi terhadap terjadinya hipoglikemia adalah makan karbohidrat terlalu banyak. Begitu dimakan, karbohidrat diubah menjadi gula dengan sangat cepat, sehingga menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Dengan adanya lonjakan kadar gula darah, pankreas akan meresponnya dengan membanjiri aliran darah Anda dengan insulin untuk mengatasi naiknya kadar gula darah.

Masalahnya adalah lonjakan kadar gula darah akibat karbohidrat ini hanya berlangsung dalam waktu singkat dan jumlah insulin yang dipompa kedalam aliran darah tersisa terlalu banyak. Saat gula mulai diproses, Anda akan mengalami penurunan kadar gula darah yang tajam dan Anda merasa harus makan lagi untuk menaikkan kadar gula darah Anda kembali.

Makan makanan beberapa kali dalam jumlah kecil sepanjang hari adalah cara terbaik untuk melawan dan mengendalikan masalah kadar gula darah Anda yang rendah. Jangan pernah lagi melewatkan jadwal makan, mengonsumsi makanan dengan porsi yang kurang, minum secara berlebihan, atau bahkan olahraga berlebihan juga dapat menjadi penyebab kadar gula darah yang rendah.

 

Comments (0)

There are no comments posted here yet

Leave your comments

  1. Posting comment as a guest. Sign up or login to your account.
Attachments (0 / 3)
Share Your Location