Penyakit yang Berasal dari Makanan: Pencegahannya dengan Konsumsi Makanan yang SehatMengonsumsi makanan yang sehat akan membantu diri Anda untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi bagaimana jika makanan itu sendiri yang membuat Anda sakit?. Penyakit yang berasal dari makanan (foodborn illnesses) dapat menyebabkan keracunan makanan dan

berbagai penyakit lainnya yang lebih berbahaya, sehingga ini adalah ancaman nyata bagi tubuh Anda. Beruntungnya, ada sejumlah cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit yang berasal dari makanan. Sangat penting untuk mengikuti tips aman dalam penanganan, persiapan, dan penyimpanan makanan.

Pertama dan paling utama, Anda harus memperhatikan suhu makanan Anda. Saat memasak daging, pastikan menggunakan termometer untuk memastikan suhu didalam daging telah mencapai suhu yang seharusnya. Beberapa daging, seperti daging sapi, dapat dihidangkan dengan aman, namun tetap saja suhu yang sesuai harus tercapai, karena ini akan membunuh bakteri apapun yang mungkin ada di dalam daging. Pada kasus daging burger dan roti daging lainnya yang dagingnya telah digiling dan dibentuk tipis atau pastel, maka Anda sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang tidak dimasak sempurna. Bakteri akan dengan mudah ditemukan didalam dan diluar daging, dan kesehatan Anda akan terancam bila Anda tidak memasak daging ini cukup lama untuk membunuh bakterinya.

Setelah makanan Anda dimasak, Anda sebaiknya terus mengawasi suhunya. Sederhananya, jaga makanan panas untuk tetap panas dan makanan dingin untuk tetap dingin. Makanan panas harus dijaga pada suhu diatas 140 derajat Fahrenheit, sedangkan makanan dingin harus dijaga pada suhu dibawah 40 derajat Fahrenheit. Sedangkan suhu diantara dua suhu tersebut adalah suhu yang baik untuk pertumbuhan bakteri. Bila Anda akan memasukkan makanan dingin ke lemari es, segera masukkan ke lemari es sebelum dua jam dil uar, dan ketika Anda akan mencairkannya, lakukan di dalam lemari es dengan sebuah mangkuk atau panci, daripada menggunakan suhu ruangan.

Kontaminasi silang adalah tersangka utama bila Anda khawatir dalam menjaga makanan dan tubuh Anda dari kesakitan. Kontaminasi silang pada dasarnya adalah perpindahan bakteri dari satu makanan ke makanan lainnya. Ini dapat terjadi bila Anda menggunakan alas papan yang kotor untuk memotong, mencuci piring dengan tidak bersih, dan menggunakan satu alat untuk memasak semua makanan Anda. Misalkan, jika Anda menggunakan pisau untuk memotong ayam mentah dan kemudian menggunakan pisau itu untuk memotong makanan Anda setelah dimasak, beberapa bakteri dari ayam mentah tersebut mungkin masih ada di pisau, yang nantinya akan membuat Anda sakit. Pastikan Anda menggunakan tempat dan peralatan memasak yang bersih setiap kali Anda akan memasak.

Seiring dengan menggunakan tempat memasak yang bersih, pastikan Anda mencuci tangan Anda secara teratur. Setiap kali Anda menyentuh makanan mentah, gunakan sabun tangan antibakteri dan air panas untuk memastikan tidak ada bakteri yang tertinggal di tangan Anda. Memastikan makanan Anda aman untuk dikonsumsi adalah salah satu bagian paling penting dari konsumsi makanan yang sehat, jadi saat nanti Anda akan menyiapkan makanan, jangan abaikan langkah-langkah tersebut.

Comments (0)

There are no comments posted here yet

Leave your comments

  1. Posting comment as a guest. Sign up or login to your account.
Attachments (0 / 3)
Share Your Location