makanan sehat pencegah kelelahanBanyak dari kita menderita kelelahan di dunia yang cepat berputar ini. Kelelahan dari tanggung jawab yang berlebihan antara keluarga, pekerjaan dan anak-anak. Kelelahan karena kurang istirahat, pola makan yang buruk dan kebiasaan tidur yang buruk. Juga kelelahan dari hanya karena terlalu lelah.

Kita harus memperhatikan kebiasaan makan yang sehat untuk mencegah kelelahan, karena energi berasal dari apa yang kita makan. Tubuh kita menggunakan nutrisi yang diberikan untuk membangun sel-sel dan menghasilkan energi. Jika gizi

didapatkan dari makanan snack dan soda, maka energi yang kita hasilkan juga akan dibawah standar.

Jika Anda mencari kebiasaan makan yang sehat untuk mencegah kelelahan, maka Anda harus menghindari makanan yang hanya memberikan dorongan energi di awal. Makanan ini termasuk yang kadar gulanya paling tinggi seperti kue, permen, soda, minuman buah, dan makanan mengandung kafein seperti coklat dan kopi. Ini adalah sebuah solusi yang hanya efektif untuk jangka pendek. Bila Anda menghindari makanan ini, perlahan-lahan Anda akan memiliki perasaan yang lebih baik untuk energi yang lebih alami.

Ada juga makanan lainnya yang langsung menyebabkan masalah dan tidak membantu energi Anda. Makanan ini termasuk Karbohidrat yang akan menyebabkan Anda menjadi mengantuk karena perubahan tingkat serotonin di otak Anda. Karbohidrat mungkin baik untuk makanan ringan sebelum tidur, tapi tidak untuk menambah energi di tengah hari.

Sekarang mari kita fokus pada apa yang harus Anda lakukan bukannya apa yang tidak seharusnya Anda lakukan untuk mencegah kelelahan. Salah satu trik untuk membantu mencegah tidur siang adalah makan protein murni saat makan siang. Di dalam pencernaan protein akan dipecah menjadi blok asam-amino yang meningkatkan produksi bahan kimia, yang akan meningkatkan tingkat kewaspadaan dan juga energi.

Misalnya makan siang Anda adalah ikan goreng dan sayuran atau telur rebus dan tuna. Anda dapat mengkonsumsi Karbohidrat di sore hari nanti ketika Anda telah melewati kemerosotan energi di antara jam 2-4 siang.

Makan sehat juga berarti mendapatkan cukup vitamin dan mineral yang diperlukan untuk mendukung fungsi tubuh. Salah satunya adalah zat besi. Banyak wanita tidak mendapatkan cukup zat besi dan melepaskan zat besi setiap bulannya ketika datang bulan. Jika hal ini tidak diatasi bisa berakibat anemia kekurangan zat besi, yang mengarah pada kelelahan kronis.

Banyak orang setiap hari hanya mengonsumsi ramuan alami untuk meningkatkan energi. Pada pertengahan sore Anda hanya butuh secangkir teh ginseng dan ginkgo biloba. Dan ini mungkin tampak bertentangan, tapi berolahraga sebenarnya akan meningkatkan jumlah energi yang Anda miliki setiap hari. Latihan selama 30 menit saat waktu makan siang akan membantu meningkatkan metabolisme dan menjaga mesin tubuh Anda tetap bekerja untuk sore hari.

Pertimbangkan untuk tidur siang! Para ilmuwan telah menemukan bahwa tidur siang selama 15-20 menit benar-benar dapat meningkatkan energi Anda sepanjang sisa sore hari. Pada awalnya Anda mungkin merasa mengantuk ketika kali pertama terbangun, tetapi dalam waktu singkat Anda akan bisa cepat tertidur dan bangun dengan keadaan segar dan siap beraktifitas.

 

Comments (0)

There are no comments posted here yet

Leave your comments

  1. Posting comment as a guest. Sign up or login to your account.
Attachments (0 / 3)
Share Your Location