Makan yang  Benar tak Hanya Sekedar Makan Buah dan Sayuranita mungkin dapat menuliskan beberapa artikel dari nasihat-nasihat yang sudah cukup sering kita dengar tentang makan yang benar, kurangi konsumsi daging, perbanyak porsi buah dan sayuran (tepatnya lima kali sehari), tinggalkan makanan olahan. Permasalahannya adalah bahwa sebagian besar orang menganggap diet dengan memperbanyak buah dan sayuran sebagai hal yang sangat tidak menarik. Itulah sebabnya mengapa kita

seringkali mendapatkan data yang menunjukkan bahwa orang Amerika tidak cukup mengkonsumsi sayuran berwarna.

Ketika kita belajar tentang makan buah dan sayuran, secara mental, kita hanya menyatukan semua hasil bumi yang ada secara bersamaan. Buah dan sayuran dibagi dalam kategori warna yang berbeda – merah, kuning, oranye, hijau, ungu dan putih. Orang memang mengkonsumsi satu sayuran tertentu atau sayuran yang lain secara berkala, tetapi jarang sekali kita jumpai sayuran-sayuran tersebut semuanya ada di piring secara teratur. Sekitar 80% orang Amerika tidak mengonsumsi cukup sayuran ungu dan putih dan sekitar 70% dari mereka tidak mengonsumsi cukup sayuran merah, kuning dan oranye.

Hal ini mungkin dapat menjelaskan mengapa orang cenderung menganggap buah dan sayuran sebagai makanan yang hambar. Mereka hanya memakan makanan yang sama berulang-ulang dan tidak mengonsumsi sebagian besar dari apa yang ada. Apabila sayuran yang Anda makan hanyalah sayuran yang ada di atas pizza, kemungkinan Anda tidak akan memakan sayuran lain kecuali paprika, jagung muda dan tomat. Hal ini seharusnya tidak boleh terjadi. Jadi yang harus Anda lakukan jika Anda berencana untuk makan yang benar adalah memastikan bahwa semua warna pelangi dari sayuran yang Anda makan ada di piring Anda . Secara teratur dan dapat diramalkan.

Anda membutuhkan buah dan sayuran hijau, anggur dan artichoke adalah pilihan yang tepat dalam hal ini. Pastikan Anda mendapatkan artichoke ketika sedang musimnya, yaitu selama tiga bulan sebelum musim semi mulai. Asparagus bisa menjadi sayuran hijau yang tepat pula. Sayuran ini dapat dijumpai pada musimnya yaitu mulai awal tahun hingga pertengahan tahun. Belilah yang berwarna hijau muda dan berkuncup ungu. Asparagus yang paling tipis adalah asparagus yang paling manis dan paling lembut. Sayuran hijau terbaik yang dapat Anda jumpai sepanjang musim dingin adalah brokoli. Pastikan Anda membeli brokoli yang tidak ada bintik kuningnya.

Untuk warna kuning, pir berbuah pada musimnya, yaitu antara bulan Agustus dan Maret. Semakin masak buahnya, semakin manis dan harum pula buah pir tersebut. Pastikan Anda menyimpannya di luar kulkas untuk memastikan bahwa buah pir tersebut matang secara alami. Nanas, buah berair yang harum baunya, berbuah pada musimnya mulai bulan Maret hingga musim panas. Pastikan Anda menyimpannya di luar kulkas hingga cukup matang dan berbau harum.

Di keluarga oranye, ada jeruk tentunya, ada pula buah persik (peach) dan wortel. Buah persik berbuah pada musimnya mulai bulan Mei hingga Oktober. Pastikan Anda membeli buah persik yang bagus dan berdaging dan tanpa bagian atas yang berwarna hijau.

Untuk warna merah, Anda kemungkinan tidak akan menemukan masalah apapun karena biasanya dapat dijumpai di atas setiap pizza. Patuhilah saran dokter Anda dan masukkan beberapa stroberi dan apel ke dalam menu diet Anda juga. Inilah inti dari apa yang disebut makan yang benar.