Kualitas Makanan Menentukan Keberhasilan Resep!iaya pangan yang meningkat namun anggaran yang kian menyusut membuat Anda menjadi tergoda untuk mengambil jalan pintas. Namun, mengorbankan kualitas makanan demi kuantitas bukanlah langkah yang cerdas. Membeli makanan berkualitas rendah berarti tidak mendapatkan semua nilai gizi yang seharusnya diterima dan ini akan tercermin pada rasa yang dihasilkan dan tekstur hidangan yang disajikan. Kualitas makanan yang dimasak dari resep ini bisa dikatakan sebagai

faktor yang paling penting dalam menentukan keberhasilan atau kegagalan Anda sebagai juru masak. Mari kita lihat beberapa contoh yang menggunakan bahan-bahan resep yang umum, sehingga Anda bisa membuat keputusan sendiri.

Anda mungkin tahu bahwa koki di restoran berkelas sangat berpegang teguh pada kualitas makanan yang mereka hasilkan. Ketika Anda memasak dengan bahan-bahan berkualitas tinggi, hasil masakan yang dihasilkan lebih berkualitas dibandingkan hidangan yang dibuat dengan bahan dasar yang sama, tetapi dengan kualitas lebih rendah.

Kesegaran adalah pertimbangan utama ketika menilai suatu kualitas makanan. Tomat di supermarket, dipetik saat masih hijau, disuntik dengan pewarna merah lalu kemudian diangkut sejauh ratusan mil, ini mungkin penampilannya sama seperti ketika Anda memetik tomat yang segar dari kebun Anda. Namun, saat Anda mencicipi tomat ini, perbedaannya sangat jauh. Tomat yang diambil mentah, tidak berisi nutrisi lengkap sebagaimana yang terkandung di dalam tomat yang baru dipetik. Mengapa? Tomat yang tidak matang tidak berkembang sebagaimana harusnya. Siapapun yang mencicipi kedua tomat ini pasti tahu mana tomat yang lebih unggul. Banyak koki mendeskripsikan tomat mentah rasanya seperti 'kardus', dengan tekstur lembek dan warna pucat, sedangkan tomat yang benar-benar berkualitas berwarna cerah, bagus dan mengandung banyak air.

Untuk memasak, membayar sedikit lebih banyak demi kualitas adalah pilihan yang cerdas. Salad porsi kecil untuk makan malam, dibuat dengan produk organik tumbuh yang tidak disemprot dengan pestisida, tidak dipetik ketika mentah dan tidak disuntikkan dengan pewarna kimia, rasanya jauh lebih baik daripada salad porsi besar yang dibuat dengan mutu bahan yang lebih rendah. Ini berarti akan menjadi pengalaman yang lebih menyenangkan ketika makan malam. Kita makan untuk menikmati rasa makanan - yang sudah seharusnya begitu!

Kualitas dari hasil makanan utama juga dipengaruhi oleh persiapan. Masakan yang terlalu matang akan menghilangkan banyak gizi yang dikandungnya. Gizi yang ada di dalam makanan bisa berkurang hingga 90%, hanya karena makanan terlalu masak. Temperatur yang tinggi menghancurkan hampir semua vitamin A, C dan E dan ini mempengaruhi rasa serta tekstur makanan. Coba untuk menyajikan makanan dengan tingkat kematangan yang sesuai, misalnya dikukus ringan, bukan direbus. Pernahkah Anda perhatikan bagaimana brokoli yang direbus cenderung kehilangan hijau yang cerah, berubah menjadi kecoklatan sehingga tidak menggugah selera? Ini adalah akibat dari hilangnya kualitas makanan dalam kaitannya dengan gizi.

Sedangkan untuk daging, daging yang tumbuh organik tidak mengandung hormon, tambahan air atau antibiotik. Daging ini lebih mahal, lebih berat, daging lebih padat, dengan rasa yang pasti 'bersih' dan tekstur lebih tegas. Hasilnya, porsi yang lebih sedikit lebih mengenyangkan dan harga bahan yang mahal layak karena rasanya yang unggul.

Gunakan keju segar daripada keju yang diproses. Olahan keju umumnya dibuat dengan minyak. Baca label pada kemasan lalu lihat apa perbedaannya dalam hal jenis dan jumlah kandungan lemak. Selain itu, keju segar rasanya terasa lebih enak.

Berikut ini cara mudah untuk menunjukkan bagaimana kualitas makanan mempengaruhi menu makanan. Buatlah satu porsi salad dengan bahan dari supermarket dan satu porsi lagi dengan bahan segar yang tumbuh organik. Lakukan tes rasa. Isi burger dengan irisan keju, yang satu keju segar dan yang satu lagi dengan keju diproses. Anda akan lihat dan rasakan perbedaannya. Jelaslah bahwa Anda mendapatkan nilai lebih baik pada makanan berkualitas tinggi. Coba sekali lagi pada resep favorit Anda dan ini akan mengubah cara pendekatan Anda terhadap kualitas makanan ketika memasak!

Comments (0)

There are no comments posted here yet

Leave your comments

  1. Posting comment as a guest. Sign up or login to your account.
Attachments (0 / 3)
Share Your Location