Sayur-sayuranAda sebagian kesalahpahaman mengenai info kesehatan makanan organik. Apakah makanan organik ini lebih aman? Lebih bergizi? Lebih mahal? Lebih lezat?

Jika Anda memegang dua buah apel merah yang lezat di tangan, maka Anda tidak bisa membedakan mana yang tumbuh berkembang secara biasa dan mana yang organik. Kedua apel bagus, mengkilap dan merah. Keduanya memiliki vitamin, serat dan tercatat sebagai makanan untuk jantung sehat. Lalu apa yang membuat keduanya berbeda?


Tumbuh organik hanya mengacu pada bagaimana cara petani menumbuhkan dan memproses produk. Organik pada praktiknya menggiatkan konservasi tanah dan air serta mengurangi polusi. Petani juga menggunakan proses-proses khusus pada pemupukan, pengendalian gulma dan hama dan mencegah penyakit pada tanaman dan ternak.

Sebuah produk tunggal yang benar-benar organik seperti hasil bumi, bisa mempunyai label kecil dari USDA (United States Department of Agriculture - Departemen Pertanian Amerika Serikat). Makanan yang terdiri dari  lebih dari satu bahan seperti sereal, bisa memiliki segel atau label '100 percent organic' (100 persen organik), 'organic 95%' (organik 95%), atau 'Made with Organic Ingredients (contain at least 70%)' (Terdiri dari minimal 70% Bahan Organik). Sedangkan makanan kurang dari 70% bahan organik tidak menggunakan cap atau kata organik pada label kemasannya.  

Info kesehatan gizi makanan organik tidak memiliki penelitian konklusif yang menunjukkan bahwa makanan organik lebih bergizi dibandingkan makanan konvensional. Namun sebenarnya perbedaannya tidak terletak pada jumlah gizi tetapi dalam pestisida yang tersisa pada produk makanan.

Riset menunjukkan bahwa pestisida dari waktu ke waktu akan memiliki efek buruk pada tubuh. Beberapa pestisida dalam jumlah tertentu dapat menyebabkan kanker dan penyakit-penyakit kekebalan tubuh seperti lupus, arthritis, dan diabetes. Ketika petani menyemprotkan pestisida, pestisida dapat dan memang sering meninggalkan residu di produk. Pestisida yang disemprotkan di awal pertumbuhan, pada sebagian buah-buahan dapat berakumulasi ke dalam buah itu sendiri.

Banyak ahli yang setuju bahwa jumlah pestisida pada makanan risiko kesehatannya 'kecil' bagi konsumen. Bagaimana cara Anda memandang risiko 'kecil' ini merupakan keputusan pribadi Anda. Ketika ada anggota keluarga atau Anda didiagnosis penyakit kronis, dokter Anda sering tidak bisa menentukan penyebab yang tepat dari penyakit itu. Apakah karena bahan makanan atau makanan olahan? Anda tidak pernah akan tahu.

Para ilmuwan setuju bahwa 80% dari pestisida yang digunakan saat ini adalah penyebab kanker, dan telah terdeteksi bahan kimia pada produk susu ibu menyusui. Artinya di zaman sekarang pestisida mulai terakumulasi dalam tubuh mulai dari masa bayi!

Menghasilkan produk organik juga biasanya lebih mahal. Ini karena petani organik tidak menggunakan herbisida dan pestisida pada tanaman melainkan menggunakan mulsa (penutup tanaman budidaya), penyiangan tangan dan metode padat karya lainnya. Biaya produksi tanaman mereka lebih tinggi, sementara hasil panen mereka biasanya lebih rendah.

Kebanyakan ahli sepakat bahwa info kesehatan makanan organik relatif sama dengan makanan yang tumbuh konvensional. Ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa makanan organik mengandung tingkat folat yang lebih tinggi, tetapi belum ada cukup penelitian secara konkrit di tingkat kimia yang menyatakan semua makanan organik lebih bergizi.

Bagi kebanyakan orang pertimbangannya adalah mengkonsumsi pestisida yang masih melekat di kulit buah. Jika Anda makan buah konvensional, cuci buah selalu dan sesekali kupas kulit luarnya. Bahkan merupakan tindakan yang bijaksana untuk mencuci buah dan sayuran organik, karena petani di lahan sebelah bisa saja menyemprot pestisida dan tidak sengaja masuk ke lahan petani tanaman organik.

Ketika membeli makanan organik, jangan bingung membedakan terminologi pada label kemasan. 'All Naturall' TIDAK berarti tumbuh organik. Carilah label "USDA Organic". Beli buah-buahan dan sayuran di musimnya untuk mendapatkan rasa kualitas dan gizi terbaik.

Info kesehatan tentang makanan organik dapat membingungkan. Faktor pertimbangannya adalah bagaimana perasaan kebanyakan orang tentang info makanan organik ini dan siapa yang mereka percayai. Tentukan dan tetaplah dengan keputusan Anda sampai Anda menemukan info makanan organik yang menyatakan sebaliknya. Jika Anda merasa lebih baik dan lebih sehat, itu berarti Anda merasakan dampak dari produk organik ini.

 

Comments (0)

There are no comments posted here yet

Leave your comments

  1. Posting comment as a guest. Sign up or login to your account.
Attachments (0 / 3)
Share Your Location