Sistem vaskularDL atau kolesterol lipoprotein kepadatan tinggi (high-density lipoprotein) umumnya dikenal sebagai kolesterol baik. Mengapa dianggap baik? Kolesterol baik terutama dalam fakta bahwa HDL

memiliki efek berkebalikan dari kolesterol jahat. Dengan demikian, semakin tinggi tingkat kolesterol jahat Anda, semakin tinggi tingkat kolesterol HDL yang Anda perlu milki agar dapat bekerja secara efektif melawan kolesterol jahat.

Penelitian yang luas telah membuktikan bahwa kolesterol baik membantu dalam pencegahan penyakit jantung, para ahli belum memberikan angka klinis yang tepat bagi kadar kolesterol baik dalam mengurangi kejadian serangan jantung akibat penyakit jantung. Namun demikian, mereka semua sepakat bahwa semakin tinggi kadar kolesterol baik maka akan lebih efisien bagi perlindungan kardiovaskular. National Heart, Lung and Blood Institute merekomendasikan tingkat HDL harus di atas 40 mg/dL. Tingkat HDL di bawah ini dianggap sebagai faktor risiko untuk penyakit jantung seperti aterosklerosis, ditandai dengan menumpuknya kolesterol di dinding arteri sehingga membatasi aliran darah yang nantinya mengakibatkan stroke atau serangan jantung. Kumpulan pakar dari American Heart Association telah menemukan bahwa tingkat kolesterol baik untuk perempuan harus 50 mg/dL atau di atasnya.

Kolesterol baik dijadikan pertimbangan karena berbagai alasan. Keuntungan terbaik yang dimilikinya adalah kemampuan untuk "membalikkan transportasi kolesterol". Kolesterol baik bertindak sebagai sapu, menghilangkan kolesterol yang menumpuk di dinding arteri dan membawanya kembali ke hati untuk dibuang melalui saluran pencernaan. Secara alamiah, dengan meningkatkan tingkat kolesterol baik yang anda miliki, berarti akan menurunkan penumpukan kolesterol dan mengurangi kemungkinan anda terkena penyakit jantung.

Penyakit jantung koroner, yang merupakan penyebab utama kematian di Amerika Serikat, berhubungan dengan kadar HDL yang rendah. Meningkatnya jumlah penderita obesitas dan diabetes juga menunjukkan bahwa jumlah mereka dengan kadar kolesterol baik yang rendah juga meningkat.
Seorang pasien dengan permasalahan kadar HDL yang baik mungkin akan diikutsertakan pada program manajemen kolesterol yang meliputi perubahan gaya hidup. Pola makan yang baru mungkin disarankan bersamaan dengan beberapa kegiatan fisik yang konstan sebagai sarana untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Beberapa hal lain yang harus dilakukan pasien untuk meningkatkan kadar kolesterol baik sampai dengan 15% hingga 20% adalah dengan berhenti merokok.

Untuk memahami kolesterol seharusnya tidak terlalu sulit. Pikirkan kolesterol baik sebagai seorang pahlawan super yang ditugaskan untuk menghilangkan orang-orang jahat (kolesterol jahat). Semakin banyak pahlawan super, semakin sedikit orang jahat, dan semakin sedikit orang jahat, semakin aman kita ... semuanya akan baik-baik saja dan berakhir dengan baik juga.

 

Comments (0)

There are no comments posted here yet

Leave your comments

  1. Posting comment as a guest. Sign up or login to your account.
Attachments (0 / 3)
Share Your Location