Stroberiukan rahasia bahwa Antioksidan sangat bermanfaat baik bagi kesehatan. Dipercaya bahwa antioksidan dalam makanan dapat membantu mencegah kanker, mencegah atau memperlambat penuaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan energi Anda dan

memperbaiki jantung dan kesehatan organ lainnya.

Mengingat semua yang kita ketahui tentang antioksidan dan sifat menguntungkan mereka, mengherankan banyak orang tidak mendapatkan cukup buah-buahan dan sayuran, sumber utama antioksidan.

Para ahli merekomendasikan minimum 5 porsi buah dan sayuran setiap hari, tetapi mendapatkan 7-10 porsi adalah yang terbaik.

Ada 10 langkah untuk mendapatkan lebih banyak antioksidan dalam diet Anda :

1. Sarapan

Sarapan tidak harus roti panggang yang dimakan sambil berangkat pergi. Ambil beberapa i, jus buah 100% dan yoghurt ke dalam blender, tuangkan campuran lezat tersebut ke dalam cangkir dan berangkatlah. Anda baru saja menambahkan 1-3 porsi buah untuk asupan harian Anda. Atau tambah beberapa buah ke sereal Anda dingin atau panas.

Katakanlah anda benar-benar tidak punya waktu di pagi hari dan biasanya makan sesuatu di jalan. Bahkan McDonalds pun bisa membantu disini. Pesan buah dan yogurt dan beberapa irisan apel. Untuk sekitar $ 2, Anda telah sarapan dengan  1-2 porsi buah.

2. Kudapan

Inilah cara mudah untuk mendapatkan lebih banyak antioksidan dalam diet Anda. Bagaimana dengan beberapa kismis untuk kudapan, atau beberapa anggur merah segar? Celupkan beberapa stroberi dalam yogurt. Anda akan merasa kurang, tetapi buah berri menyediakan warna yang anda cari. Butuh yang garing? Bagaimana jika beberapa wortel kecil dicelupkan ke dalam hummus (cocolan dari timur tengah yang terbuat dari minyak zaitun dan buncis)? Pertimbangkan beberapa kacang pikan untuk kudapan garing dan tambahan antioksidan yang bagu

3. Makan siang dan makan malam

Mungkin kedengarannya usang, tetapi menambahkan salad untuk setiap makanan utama Anda sehari-hari dapat menambah manfaat untuk kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan. Salad tidak harus membosankan, dan tidak harus cuma salad. Jika anda suka sesuatu yang klasik, tambahkan beberapa iris cabai merah untuk salad hijau, beberapa tomat untuk salad Yunani, atau cranberry untuk sayuran hijau Anda. Menyiapkan salad brokoli untuk makan siang, atau eksperimen dengan mencampur nasi salad dengan campuran aneka sayuran segar seperti kacang panjang, tomat, cabai dan bawang merah.

4. Pencuci Mulut

Buah berri, dengan atau tanpa krim kocok atau coklat adalah cara yang nikmat untuk mengakhiri hari makan sehat Anda yang kaya antioksidan.

5. Minuman

Ganti soda Anda dengan teh atau kopi, keduanya mengandung banyak senyawa antioksidan. Minumlah segelas anggur saat makan malam, atau untuk perubahan nyata yang cepat, minumlah segelas teh chai.

6. Berpikirlah Kreatif

Kita tahu kita bisa mendapatkan tambahan antioksidan dari buah, salad dan sejenisnya, namun para peneliti mengatakan bahwa antioksidan kuat juga dapat ditemukan dalam berbagai makanan yang tak terduga, seperti kentang cokelat kemerah-merahan, artichoke, dan kacang merah kecil. Para ahli mengatakan, kacang, pada kenyataannya, mungkin memiliki kekuatan antioksidan lebih dari blueberry. Jadi untuk nasi salad anda yang penuh dengan sayuran, tambahkan beberapa atau lebih biji-bijian untuk antioksidan.

7. Masak Sebentar

Anda berpikir anda benar, menyiapkan sayuran setiap malam untuk makan malam keluarga Anda. Tetapi jika anda masak sayuran terlalu matang, anda memasak habis kandungan yang bermanfaat dari antioksidan. Kukus (jangan rebus) sayuran, dan berhenti memasaknya saat sayuran menjadi berwarna cerah dan masih banyak isinya atau belum terlalu layu.

8. Bercocok tanamlah

Para ahli percaya bahwa orang-orang yang menanam dan memanen sayuran  dari pekarangan sendiri jauh lebih mungkin untuk makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan daripada orang yang membeli produk mereka dari toko. Jadi bercocok tanamlah, lihat ia tumbuh dan makan buah karya (harafiah) usaha Anda.

9. Bawa Kebiasaan Makan Sehat Anda Saat Berlibur

Terlalu banyak dari kita beranggapan pergi berlibur adalah kesempatan untuk berlibur dari segalanya, termasuk makan sehat. Pikirkan liburan sebagai cara untuk mengenal makanan baru. Pesan hidangan sayur yang menarik di restoran dan kemudian perhatikan bagaimana koki menyiapkan hidangan.

10. Belajar Memasak

Jika anda masak, anda tidak membuka bungkus dan kemasan. Memasak melibatkan mencuci dan mengupas sayuran, menyiapkan makanan utuh dan memperhatikan bagaimana masakan matang. Jika anda pesan makanan setiap malam, anda jauh lebih kecil kemungkinannya untuk makan makanan utuh dan buah-buahan alami dan sayuran yang menyediakan dasar untuk asupan antioksidan kita.