Menyusui

MenyusuiSelain sebagai sumber gizi yang optimal bagi bayi Anda pada tahun pertama, menyusui memiliki manfaat psikologis yang sangat jelas bagi ibu dan bayi. Saat lahir, bayi hanya melihat 12-15 inci, jarak antara bayi yang masih menyusu dan wajah ibunya.  Studi telah membuktikan bahwa bayi berumur 1 minggu lebih suka bau susu ibu mereka sendiri.

Banyak psikolog percaya bahwa bayi yang masih menyusu menikmati rasa aman dari kehangatan dan kehadiran sang ibu, terutama bila ada kontak kulit yang bersentuhan selama menyusui. Orang tua yang memberi botol susu pada bayinya mungkin tertarik untuk menopang botol susu di mulut bayinya, tanpa kontak langsung selama menyusu. Tapi seorang ibu yang menyusui bayinya akan memeluk erat bayinya beberapa kali dalam sehari. Menyusui menjadi lebih dari sekedar cara untuk memberi susu bayi, melainkan menjadi sumber kehangatan dan kenyamanan.

Bila bayi diberi susu dan dirawat dengan cara ini, bayi akan tertidur dengan cepat dan sangat alami. Bila Anda tahu berapa banyak dia biasa mengonsumsi dalam sekali menyusu, cobalah untuk membuatnya tetap terjaga dengan gerakan lembut jika ia tertidur terlalu cepat. Anda dapat dengan mudah membangunkannya dengan sedikit menggelitik kakinya. Jika tidak, dia akan merasa lebih cepat lapar dan Anda akan lebih sering  menyusuinya.

Menyusui baik bagi ibu yang baru serta untuk bayi mereka. Tidak ada botol untuk disterilkan dan tidak perlu membeli susu formula, mengukur dan mencampurnya. Mungkin akan lebih mudah bagi seorang ibu yang menyusui untuk kehilangan beberapa pon berat badannya dari saat kehamilan dulu, karena menyusui akan membakar banyak kalori. Menyusui juga merangsang rahim untuk berkontraksi kembali ke ukuran aslinya.

Seorang ibu menyusui dipaksa untuk banyak istirahat. Dia harus duduk, meletakkan kakinya, dan rileks setiap beberapa jam untuk menyusui. Menyusui di malam hari mudah juga. Tidak ada seorangpun yang akan tersandung menuju kulkas untuk mangambil botol dan air hangat saat bayi menangis. Jika dia berbaring, seorang ibu bisa tidur sambil menyusui.