Mengurangi Tekanan dengan Teknik Relaksasi Pernafasaneknik relaksasi pernafasan seringkali digunakan oleh banyak orang untuk mengurangi tekanan dan gejalanya. Teknik relaksasi bernafas yang dalam meliputi bernafas melalui diafragma dari pada bernafas biasa melalui paru-paru Anda. Mengirim sinyal pada otak untuk Anda berada pada keadaan santai adalah salah satu bagian terbaik saat melakukan teknik bernafas yang dalam. Seperti yang telah Anda ketahui, bernafas yang dalam merupakan latihan yang sangat mudah, tetapi terdapat langkah-langkah yang sebaiknya Anda ikuti. Untuk menjamin bahwa Anda

memperoleh manfaat maksimal, berikut adalah 4 langkah untuk melakukan teknik relaksasi bernafas yang dalam.

Langkah 1. Merasa nyaman.

Ini adalah langkah pertama dan paling penting untuk dilakukan. Pastikan bahwa Anda berada pada keadaan yang nyaman. Sebuah bangku duduk cukup selama Anda berada pada posisi yang nyaman. Dengan ini, Anda bisa santai dan perasaan Anda bisa tenang. Anda akan melihat bahwa Anda telah beristirahat ketika detak jantung Anda berkurang kecepatannya dan otot Anda santai. Musik juga merupakan salah satu metode untuk membantu Anda merasa tenang dan membuat Anda mampu mengurangi tekanan Anda.

Langkah 2. Bernafas dengan benar.

Hal ini bisa dicapai dengan menghirup melalui diafragma dan mengeluarkannya melalui mulut Anda. Ketika Anda bernafas, letakkan satu tangan Anda pada dada bagian atas dan yang lainnya di atas abdomen Anda. Ketika Anda melihatnya, abdomen Anda akan naik dan turun, disamping dada Anda. Jika yang terjadi adalah yang sebaliknya maka cobalah untuk mengambil nafas melalui mulut disamping melalui hidung Anda, kemudian usahakan menekan otot abdomen Anda ketika Anda bernafas.

Langkah 3. Lakukan lagi.

Lakukan kegiatan ini berulang-ulang. Lakukan sampai Anda sempurna melakukannya dengan baik. Normalkan nafas Anda ketika Anda mengulangi langkah yang sama. Anda dapat mengistirahatkan pikiran dan tubuh Anda, pada saat yang bersamaan, Anda dapat membayangkan bahwa Anda berada pada lingkungan yang nyaman. Misalnya, Anda membayangkan bahwa Anda sedang mandi cahaya matahari di pantai, dan Anda minum jus melon yang berada di samping Anda.

Langkah 4. Latihan pernafasan biasa.

Ketika Anda telah menguasai langkah-langkah teknik relaksasi pernafasan, Anda dapat melakukan langkah-langkah tersebut sebagai bagian aktifitas Anda setiap hari. Teknik ini dapat dilakukan setiap waktu apakah sebelum atau sesudah pekerjaan yang melelahkan yang Anda lakukan setiap hari. Tingkat stres Anda akan menurun jika Anda melakukannya sesekali.