Tentang kesehatan

Obat Narkotika untuk Nyeri, Apakah Bisa Membuat Anda Kecanduan?idak diragukan lagi, obat nyeri yang menggunakan narkotika adalah obat yang paling manjur untuk mengatasi rasa sakit kronis. Dan setiap jenis narkotika memiliki potensi untuk membuat Anda kecanduan. Meskipun demikian, dengan hal-hal menakutkan yang Anda dengar tentang narkotika dan kecanduan yang bisa ditimbulkannya, narkotika tidak selalu membawa dampak buruk seperti

yang dibayangkan. Dari semua orang yang menderita sakit kronis dan minum obat nyeri yang mengandung narkotika, secara mengejutkan hanya sedikit yang benar-benar menjadi kecanduan.

Mungkin alasan orang akhirnya berpikir bahwa obat nyeri dari narkotika pasti bisa membuat orang kecanduan adalah adanya suatu kondisi terkait bahwa menggunakan narkotika dalam waktu yang lama bisa menyebabkan ketergantungan fisik. Dan mereka menyimpulkan bahwa kondisi tersebut sama saja dengan kecanduan. Sebenarnya hal itu benar-benar berbeda.

Kecanduan yang nyata adalah sesuatu yang mempengaruhi pikiran Anda. Ini adalah aspek psikologis. Secara mental, Anda benar-benar mulai mendambakan obat ini tanpa peduli apakah obat ini berguna bagi Anda atau tidak. Ketika meminumnya, Anda benar-benar merasa sangat puas dan bahagia. Faktor genetik juga berpengaruh, apabila keluarga Anda cenderung mudah kecanduan pada sesuatu, Anda akan mengalami hal seperti itu juga. Tentu saja, orang yang minum opioid mempunyai peluang yang tinggi untuk kecanduan. Dalam aturan medis, hanya dosis rendah yang diperbolehkan, dan biasanya, dosis tinggi tidak pernah diberikan. Dengan dosis yang kecil seperti itu, cukup sulit bagi Anda untuk kecanduan.

Jadi apakah ada cara untuk membuat Anda yakin bahwa meminum obat nyeri yang mengandung narkotika tidak menimbulkan masalah? Kecanduan biasanya adalah faktor genetik. Bila dalam keluarga Anda, keluarga dekat atau jauh, ada yang menjadi pecandu berat alkohol atau kecanduan obat, maka apabila Anda diberi kesempatan, kemungkinan besar Anda akan menjadi pecandu juga. Jika secara pribadi Anda memiliki sedikit masalah dengan depresi atau gangguan kejiwaan, meminum obat nyeri yang mengandung narkotika bisa berbahaya bagi Anda.

Biasanya dokter akan memperhatikan semuanya dengan teliti sebelum memulai pengobatan. Tapi Anda juga memiliki statistik tentang diri Anda sendiri. National Institute on Drug Abuse memperkirakan bahwa tidak lebih dari 2% dari semua orang yang secara teratur minum obat nyeri dari narkotika yang benar-benar kecanduan. Tapi begitu mereka memiliki akses pada narkotika, kadang-kadang akan sulit bagi mereka untuk melepaskan diri dari penyalahgunaan obat-obatan itu. Misalnya, jika mereka baru saja putus dengan pacar dan merasa stres, mereka bisa tergoda untuk menyalahgunakan obat-obatan yang mengandung narkotika itu yang memang sudah ada di dalam rumah.

Dan tentu saja, obat nyeri yang mengandung narkotika harus disingkirkan jika Anda masuk rehabilitasi. Karena, meskipun obat-obatan narkotika memang jenis obat yang benar-benar manjur, dan hanya diberikan dalam jangka waktu yang pendek, tubuh Anda akan mengandalkan obat-obatan tersebut untuk mengatasi nyeri yang Anda derita. Tapi itu bukanlah kecanduan.