Kecanduan Narkotika Pada Remaja

narkoba remajaukan sebuah rahasia jika kecanduan narkotika adalah penyakit yang mengerikan, apalagi ketika remaja telah kecanduan narkotika, maka ini merupakan hal yang lebih serius. Narkotika mempengaruhi tubuh remaja dengan cara yang berbeda-beda. Jika remaja telah kecanduan narkotika, maka

akan lebih susah untuk mempertahankan gaya hidup bersih dan sadar saat mereka bertambah tua.

Anak-anak telah tersentuh narkotika dalam usia yang semakin dini. Penelitian menunjukkan bahwa saat anak-anak memasuki kelas 8, hampir 35 persen telah mencoba narkotika. Jumlah para remaja yang kecanduan narkotika adalah 20 persen dan itu adalah jumlah yang terlalu besar !

Para remaja lebih rentan kecanduan narkotika karena kondisi hidup mereka. Banyak remaja kewalahan menghadapi masalah hidupnya sehari-hari. Banyak remaja memiliki rasa percaya diri yang rendah, merasa cemas, ketidakmampuan untuk mengungkapkan perasaan, dan kurang dapat mengendalikan hidup mereka. Semua hal itu sangat berkonstribusi terhadap penggunaan narkotika dan akhirnya membuat mereka kecanduan narkotika.

Narkotika membunuh rasa sakit kehidupan duniawi. Narkotika menghilangkan sakit fisik dan emosional dengan merubah persepsi pecandu terhadap kenyataan. Narkotika membuat pecandu kebal terhadap rasa sakit, keputus-asaan atau kesepian yang mereka rasakan di kehidupan.

Apakah Anda mencurigai anak remaja Anda kecanduan narkotika?Berikut ini adalah tanda-tanda umum remaja Anda kecanduan narkotika:

  • Perubahan dramatis terhadap sikap dan perilaku

  • Muram, mata berkaca-kaca

  • Sering merasa kelelahan

  • Kegagalan di sekolah

  • Berbohong atau mencuri

  • Mengisolasi diri atau kehilangan minat untuk beraktivitas

Apa yang Anda lakukan saat Anda mencurigai remaja Anda terlibat dengan ketergantungan narkotika ? Pertama, percayai insting Anda. Jika Anda merasa ada masalah, maka mungkin memang ada. Cari waktu yang tepat untuk bicara dengan anak remaja Anda dan katakan terus terang tentang kekhawatiran Anda. Coba berpikiran terbuka tentang apa yang mereka katakan pada Anda dan bersimpati terhadap pendapat mereka tentang masalahnya.

Katakan pada remaja Anda tentang apa yang Anda rasakan tentang ketergantungan obat mereka. Anda mungkin khawatir, takut, dan menjadi takut tentang apa yang bakal terjadi pada mereka. Cobalah untuk tidak menghakimi dan marah karena hal ini akan membuat mereka menutup diri. Anda juga bisa berbicara tentang pengamatan atau pengalaman yang Anda miliki tentang narkotika. Saat Anda mungkin merasa ragu melakukan hal ini, ini akan membuat Anda lebih manusiawi di mata remaja Anda.

Seringkali orang-orang terdekat dengan anak remaja Anda (dalam hal ini adalah Anda) lebih mudah mengingkari bahwa anak remaja mereka mempunyai masalah dengan narkotika. Namun ketika hal ini menyangkut tentang ketergantungan narkotika pada anak remaja, Anda tidak dapat melakukan ini. Sangatlah penting untuk menolong mereka secepat mungkin. Jangan menyerah dan berkecil hati jika usaha awal Anda gagal. Pada akhirnya Anda akan dapat melaluinya dan kemudian Anda dan anak remaja Anda bisa berusaha memulai untuk melawan ketergantungan obat bersama-sama.

Olahraga dan kesehatan