Remaja dietSaat ini tingkat kelebihan berat badan pada remaja dan anak-anak berada pada level tertinggi dalam sejarah dunia. Kesalahan terletak pada banyak tersedianya fast food, juga karena kita berada pada lingkungan dengan energi rendah. Kita lebih sering menempatkan anak kita di dalam rumah karena merasa lebih aman daripada membiarkannya

keluar bermain untuk kegiatan aktif diluar rumah. Hal-hal yang kita anggap melindungi anak kita sebenarnya merugikan kesehatan anak kita.

Namun ada hal-hal yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dan membuat anak-anak kita bisa terlibat, lebih aktif dan dididik lebih baik untuk memilih diet, nutrisi, kebugaran dan kesehatan secara keseluruhan. Masalah yang terjadi pada kebanyakan remaja sekarang adalah kesulitan untuk melepas ketergantungan mereka berkegiatan didepan komputer, telepon ataupun televisi dan membuat mereka lebih aktif bergerak.

Ada sebagian video game yang bisa membuat anak bergerak dan aktif, yaitu permainan dance party revolution di PlayStation 2 dan sistem terbaru dari Nintendo Wii yang saat ini begitu digemari. Sistem-sistem ini memberi kesempatan pada konsumen untuk aktif berpartisipasi dalam permainan petualangan daripada hanya duduk bermain di lingkungan yang statis. Ini adalah cara yang bagus untuk membuat remaja/anak-anak bangkit dari kursinya dan aktif bergerak. Permainan-permainan ini juga menyenangkan untuk orang dewasa dan mempunyai pengaruh yang sama, yaitu aktif bergerak. Namun kita tidak menganjurkan bermain video game untuk berolahraga.

Pergi Keluar Rumah dan Berakitivitas

Diakui atau tidak olehnya, remaja biasanya suka meniru, mereka biasanya menikmati melakukan sesuatu yang menjadi bagian dalam keluarga. Melakukan panjat tebing atau mendaki gunung, bersepeda bersama keluarga. Berkemah (camping) di luar rumah dan pergi mendaki, naik boat atau bersepeda lagi. Cobalah untuk melakukan olahraga yang baru. Adalah menakjubkan mengetahui kesenangan-kesenangan yang bisa Anda peroleh saat mencoba olahraga menyelam. Walaupun jika olahraga yang Anda lakukan bersama-sama tidak membuat fisik Anda banyak bergerak, namun ini lebih baik daripada hanya duduk di depan televisi.

Sudahkah anak Anda bergabung dengan tim olahraga rekreasi. Kita mempunyai semua jenis tim olahraga yang tersedia di komunitas kita dimana para remaja dapat bergabung. Walaupun mereka tidak mempunyai keahlian sama sekali, mereka bisa bergabung dan bermain di suatu liga sementara liga lainnya adalah kompetitif. Memainkan permainan softball, sepak bola dan bahkan bola voli merupakan cara yang bagus untuk sebuah keluarga bisa bersama-sama memainkannya, permainan dan olahraga merupakan kesempatan agar remaja Anda bisa lebih aktif.

Halaman rumput adalah alternatif lain untuk tempat bermain dan melakukan kegiatan bersama keluarga. Seperti biasanya, kuncinya adalah remaja Anda membakar lebih banyak kalori daripada yang dikonsumsinya. Seringkali lebih mudah mengatakannya daripada mengerjakannya namun akan lebih mudah jika Anda ikut keluar bermain. Carilah sesuatu yang menarik untuk remaja Anda dan fokuskan pada kegiatan tersebut daripada menyiksa mereka dengan aktivitas yang tidak mereka sukai sama sekali. Namun bagimanapun, mengisi waktu mereka dengan aktivitas bisa membuat mereka tidak mengonsumsi kalori dan hal itu patut dipertimbangkan.

Yakinkan anak remaja Anda untuk mengonsumsi makanan yang sehat. Batasi makanan berkalori, jus buah dan minuman energi dari meja dapur dan yakinkan anak Anda untuk meminum air putih yang banyak tiap harinya. Masukkan sebanyak mungkin jenis sayur-sayuran ke dalam menu makanan anak Anda dan singkirkan makanan-makanan cepat saji yang bisa dihabiskan dalam satu kesempatan duduk. Libatkan anak Anda untuk berpartisipasi dalam menyiapkan dan membersihkan makanan, hal itu akan membantu mereka agar lebih perhatian terhadap apa yang mereka masukkan ke mulutnya.