Tentang kesehatan

Operasi katarakerdapat dua jenis prosedur operasi yang dikenal untuk menghilangkan katarak, yaitu prosedur operasi "Fakoemulsifikasi" (insisi kecil) dan prosedur operasi "ekstrakapsular" (insisi besar). Fakoemulsifikasi adalah

prosedur operasi yang paling umum dalam pengangkatan katarak.

Di dalam prosedur fakoemulsifikasi, dilakukan insisi/sayatan kecil (berukuran sekitar 3 milimeter) pada kornea. Insisi kecil ini sedikit dilebarkan untuk memasukkan probe ultrasound. Kemudian probe ultrasound melunakkan dan memecah katarak tanpa merusak kapsul. Probe ultrasound bergetar pada 50.000 putaran per detik menyebabkannya memancarkan suara pada frekuensi yang sangat tinggi sehingga menyebabkan pecahnya katarak menjadi potongan-potongan yang sangat kecil. Pecahan-pecahan ini kemudian disedot keluar dan suatu lensa buatan yang dapat dilipat, yang dikenal sebagai "lensa intraokular", kemudian ditempatkan menggantikan lensa mata yang telah diambil. Lensa intraokular perlahan dimasukkan ke dalam lubang bulat yang telah dibuat di kornea. Setelah ditempatkan, lensa intraokular kemudian terbentang dengan sendirinya dan menjadi permanen di tempat bekas lensa mata. Tidak perlu adanya tusukan dan jahitan karena lensa akan tetap pada posisinya. Sebuah tetes mata dari saline kemudian diteteskan untuk mengembalikan tekanan intraokular di dalam mata.

Metode lain untuk pengangkatan katarak adalah prosedur "pengambilan ekstrakapsular". Dalam prosedur pengambilan katarak ini dibutuhkan insisi besar dan penggunaan jahitan. Metode ini digunakan untuk individu yang memiliki katarak sangat keras atau memiliki jaringan epitel kornea yang lemah. Dalam metode pengambilan katarak ini, akan melibatkan pengambilan lensa dan kapsul lensa di sekitarnya secara bersamaan dalam satu kesatuan. Lensa buatan atau lensa intraokular kemudian ditempatkan menggantikan lensa mata dan akan menjadi bagian permanen dari mata. Prosedur pengambilan katarak ini memiliki tingkat risiko dan komplikasi yang tinggi karena pembuatan insisi yang besar dan jumlah tekanan yang digunakan untuk menempatkan pada badan vitreous. Operasi pengambilan katarak pada umumnya dilakukan dengan anestesi lokal.

Selama operasi pengangkatan katarak, pasien diperintahkan untuk menjaga mata mereka tetap diam sebisa mungkin. Pasien tidak perlu khawatir dalam menjaga mata mereka tetap terbuka. Sebuah perangkat kecil digunakan untuk menahan kelopak mata tetap terbuka.

Kebanyakan individu yang menjalani operasi pengangkatan katarak sembuh dengan cepat. Kadang-kadang mungkin pasien mengalami sedikit masalah atau komplikasi atau terkadang tidak ada masalah sama sekali. Jika pasien menjalani prosedur fakoemulsifikasi, pemulihan pasien akan lebih cepat dan tidak rumit. Seringkali, pasien bisa segera pulang setelah operasi pengangkatan katarak. Meskipun pasien harus memastikan ada seseorang yang akan membawa mereka pulang karena tidak mungkin mengemudi setelah operasi pengangkatan katarak.