Tentang kesehatan

Mata Kering dan Lensa Kontakika mata Anda tergolong mata kering, lensa kontak sangatlah tidak nyaman. Mata yang sehat selalu memiliki air mata yang cukup di bawah lensa kontak. Jika lapisan air ini mulai mengering, lensa kontak mulai terasa kering. Mata kering karena lensa kontak sangatlah menjengkelkan, tidak nyaman, sehingga Anda harus mata memicing atau menggosok mata agar nyaman.

Walaupun lensa kontak adalah penyebab mata kering, sebenarnya ada penyebab lainnya juga.

Salah satunya adalah kemampuan mata untuk menghasilkan air. Ada orang yang memang menghasilkan air mata sedikit, sehingga tidak cocok untuk memakai lensa kontak. Semakin bertambahnya usia, produksi air mata juga semakin berkurang.

Penyebab lainnya adalah lingkungan. Jika Anda bekerja di pabrik atau daerah yang panas, banyak debu dan asap, maka mata akan cepat kering. Semakin sering berada di lingkungan demikian, semakin kering pula mata Anda. Anda mungkin harus melepas lensa kontak karena kekeringan menyebabkan tidak nyaman di mata.

Ada beberapa jenis lensa kontak yang malah menyebabkan mata kering. Mayoritas lensa kontak dibuat dari air dan polimer, biasanya lebih dari 50%-nya terbuat dari air. Walaupun lensa kontak terasa lembab dan nyaman di mata, air dalam lensa kontak tersebut akan semakin berkurang karena penguapan. Sehingga lensa kontak akan menyerap kelembaban alami dari mata. Akibatnya mata akan terasa kering. Jika kandungan airnya tinggi, maka dapat dipastikan air tersebut akan menguap selama pemakaian sepanjang hari.

Masalah keringnya mata merupakan masalah yang umum dialami oleh pemakai lensa kontak, oleh karena itu perusahaan produsen lensa kontak selalu berinovasi untuk membuat lensa yang nyaman di mata sepanjang hari. Mata yang kering adalah penyebab utama iritasi mata dan juga alasan utama orang berhenti menggunakan lensa kontak lalu pindah ke kacamata.

Dari sekian banyak lensa kontak yang beredar di pasaran, ada salah satu yang populer digunakan. Walaupun tergolong tipe baru, lensa ini dibuat khusus untuk yang bekerja atau tinggal di daerah kering. Lensa jenis ini mengandung senyawa khusus yang dapat membuatnya basah kembali, sehingga lensa tetap lembab walaupun mata tidak memproduksi air dengan cukup. Tipe ini dapat dipergunakan setiap hari dan harus direndam di larutan lensa malam harinya. Rentang waktu pemakaian sekitar 2 minggu, kemudian harus diganti dengan yang baru.

Banyak produk yang mengklaim yang terbaik dalam mengatasi mata kering, namun lensa ini dianggap yang terbaik. Apapun tipe lensa kontak yang Anda gunakan, lensa kontak harus selalu dirawat. Harus selalu dibersihkan setelah dipakai dan direndam di larutan lensa kontak pada malam hari. Dengan demikian penumpukan protein akan hilang dan esok harinya lensa kontak Anda bersih dari kotoran.

Masalah mata kering sangat umum terjadi, namun dengan menggunakan lensa kontak yang benar, mata kering dapat dihindari. Menggunakan tetes mata khusus pengguna lensa kontak juga dapat membantu membebaskan Anda dari masalah mata kering. Tetes mata ini cukup umum digunakan karena efektif membantu mata memproduksi kelembaban yang cukup sehingga mata tidak terasa kering. Tetes mata ini dijual bebas dan harganya yang ekonomis membuat tetes mata menjadi cara yang paling efisien untuk mengatasi mata kering.