Telingaelinga Perenang adalah infeksi bakteri yang tumbuh  di dalam kanal telinga. Disebut juga Otitis Externa.  Sangat berbeda sekali dengan infeksi telinga biasa yang dapat ditangani dengan pengobatan biasa,  yang mana berkontraksi saat  anak-anak menderita demam. Area infeksinya biasa dikenal dengan Otitis Media, dimana telinga bagian tengah yang terinfeksi. Dalam kasus Telinga Perenang ,

kanal telinga yang menuju gendang telingalah yang terinfeksi oleh bakteri. Gejala pertama ketika kita memasukkan tangan ke dalam kanal telinga, akan terasa sakit sekali. Normalnya, itu tidak akan sakit.

Kulit di dalam kanal telinga sangat lembut dan dilindungi oleh lapisan pelindung alami. Biasanya air akan mudah masuk dan keluar telinga tanpa hambatan. Tetapi ketika air mengikis beberapa atau semua lapisan pelindung alami tersebut dan jika air tersebut tertahan di dalam, maka bakteri akan mendapat  keuntungan. Zat kimia dalam air dapat meningkatkan iritasi. Bakteri mulai tumbuh dalam kanal telinga yang hangat dan lembut, dan dapat menyebabkan bengkak dan kemerahan. Gatal ringan juga dirasakan. Tetapi anak-anak harus diajarkan agar tidak menggaruknya, karena akan memperparah keadaan. Jika tidak gatal, kemungkinan akan menjadi rasa sakit yang merupakan gejala utamanya. Telinga tidak boleh ditepuk atau disentuh, walaupun hanya sisi luarnya, karena akan menyebabkan rasa nyeri yang hebat. Pendengaran akan menjadi sulit karena infeksi bakteri yang menyebabkan bengkak pada kanal telinga dan menutup jalurnya.

Rasa nyeri dan gatal hanya dapat diobati dengan melawan infeksi dan membunuh bakteri yang telah tumbuh. Biasanya dokter akan memberi resep untuk obat tetes telinga. Obat tetes telinga ini mengandung antibiotik yang dapat membunuh bakteri. Dosis dan hari penggunaan yang telah diberikan oleh dokter harus ditaati. Jika dosisnya tidak tepat maka akan ada kemungkinan untuk bakteri tumbuh kembali.  Kadang-kadang sumbu kecil juga dimasukkan dalam telinga. Sumbu ini merupakan spons kecil dengan losion. Dan kemudian di tinggal di dalam telinga. Prosedur ini dilakukan saat dokter menyatakan penting untuk memakai obat secara langsung pada bagian kanal telinga yang terinfeksi.  Jika anak-anak tidak dapat menahan rasa sakitnya, maka orang tua dapat memberikan penawar rasa nyeri, dengan saran dokter. Ketika antibiotik mlai bekerja, penawar rasa nyeri dapat dihentikan.

Telinga Perenang tidak hanya disebabkan oleh air yang masuk ke telinga pada saat mandi. Anak-anak yang mengikuti kemah renang musim panas dapat mengalami juga penyakit ini. Setelah Telinga Perenang disembuhkan, anak-anak tidak boleh langsung berenang. Dokter biasanya menyarankan mereka untuk menjauhi air selama seminggu atau lebih. Jangka waktunya akan terdengar sangat lama, tetapi itu membuat nyerinya pergi untuk waktu lama. Obat tetes telinga khusus tersedia di toko, yang dapat diteteskan kepada telinga  anak-anak setelah selesai berenang, yang akan mengeringkan air di dalam telinga. Telinga perenang juga dapat disebabkan oleh anak yang ingin tahu, yang memasukkan benda asing dalam telinga dan melukai telinganya. Bakteri mempunya kesempatan untuk berkembang pada tempat yang digaruk. Pada kasus ini, hanya pengawasan orang tua yang dapat mengatasinya.