Pilek Umum Pada Anak-Anak cap=P]ilek umum disebabkan karena sistem pernapasan atas terinfeksi oleh virus pilek. Infeksi ini mempengaruhi bagian seperti telinga, hidung, dan tenggorokan. Ada sekitar 200 jenis virus yang menyebabkan pilek umum, dimana Rhinovirus merupakan yang paling umum. Karena jumlah virus ini yang besar maka tidak ada obat atau vaksin yang dapat membantu mencegah pilek ini, dan solusi yang terbaik terhadap pilek adalah

sistem kekebalan tubuh manusia. Kebanyakan, kunjungan anak ke dokter disebabkan oleh masalah pilek. Menurut perhitungan, anak cenderung terkena pilek hi

Virus pilek biasanya menyebar melalui bersin atau batuk dari orang yang terinfeksi. Cairan basah dan lengket di dalam hidung yang disebut ingus merupakan pembawa virusnya. Ketika seseorang batuk atau bersin, tetesan ingus keluar dari mulut  dan ketika orang lain menghirupnya maka mereka akan menderita pilek. Pilek juga dapat menyebar melalui barang yang terkontaminasi seperti handuk, gagang pintu, meja sekolah, dll. Jika seseorang menyentuh handuk yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh hidung atau matanya, maka besar kemungkinan akan ikut terinfeksi. Oleh karena itu, merupakan kebiasaan yang baik untuk mencuci tangan secara rutin dan membuatnya bebas dari kuman.

Virus pilek mempunyai ujung berkaitan yang membantunya untuk menempel pada bagian dalam hidung, yang kemudian mengendalikan lapisan sel hidung dan mulai untuk melipatgandakan dirinya. Sel putih bertugas untuk melawan virus tersebut di dalam hidung dan mereka akan membunuhnya secara total setelah 7 hari. Bersin dan hidung meler sebenarnya mencegah virus untuk mempengaruhi bagian tubuh yang lain, orang akan bersin ketika syaraf di dalam hidung mendeteksi adanya iritasi dan dengan dibantu tenggorokan akan mendorongnya keluar dengan semburan udara melalui hidung dan mulut. Udara ketika bersin keluar dengan kecepatan 100 km/jam lebih cepat daripada mobil di jalan raya.

Ketika anak terkena virus pilek, akan butuh 2 – 3 hari untuk berkembang dan mulai menunjukkan gejalanya.  Ada banyak gejala dari pilek antara lain anak akan menjadi cepat marah, ia akan mengeluh sakit kepala, hidung buntu, batuk, bersin, sakit tenggorokan, sakit otot, lubang hidung tersumbat, menjadi lelah dan demam ringan akan juga terjadi seiring dengan tubuh menjadi dingin. Obat tidak mempercepat proses kesembuhan karena virus menyelesaikan siklusnya terlepas dari asupan obat, tetapi dapat menekan pertumbuhan virus lebih lanjut dan membuat anak merasa lebih baik.

Anak-anak tidak boleh meminum obatnya sendiri dengan pikiran bahwa ini hanyalah sekedar pilek. Para orang tua harus mengawasi dosis dan obat yang diminum, dan juga mengikuti resep yang diberikan oleh dokter. Dekongestan dapat membantu untuk mengurangi penyumbatan pada hidung sehingga dapat bernafas lebih mudah. Antisiamin membantu untuk mengeringkan ingus dan menghentikan bersin & hidung meler. Ibuprofen dan Acetaminopen dapat diberikan pada anak ketika ia mengalami sakit kepala atau sakit otot.

Di rumah, para orang tua harus memberikan makanan dan minuman panas pada anak karena dapat melegakan sakit tenggorokan, batuk, dan membersihkan ingusnya. Sup ayam merupakan pengobatan tradisional untuk pilek umum. Mandi dengan pancuran air panas yang beruap juga merupakan pilihan lain yang bagus karena dapat membantu hidung yang tersumbat. Mata yang gatal, tenggorokan yang gatal dan tenggorokan tersumbat juga dapat diobati dengan alat pelembab udara dengan menyemprotkan kabut yang sejuk dan menenangkan. Merupakan ide yang bagus untuk menggunakan tisu yang dapat dibuang daripada sapu tangan dan istirahat total selama satu atau dua hari juga sangat dianjurkan.

Langkah pencegahan terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan memakan makanan yang sehat dan seimbang karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anak harus olahraga dan tidur secara rutin untuk tetap sehat. Anak-anak yang stres akan lebih mudah untuk terkena pilek, oleh karena itu akan sangat baik jika anak-anak mendapatkan lebih banyak istirahat dan tidur lebih cepat pada beberapa hari. Dan ketika anak terkena pilek, ia harus rileks dan melakukan istirahat sebanyak mungkin.