telapak kakiampir setiap anak dan remaja menghadapi masalah pengerasan kulit sekitar jari, kapalan dan melepuh pada kaki. Semua itu menyebabkan rasa sangat tidak nyaman, walaupun semua itu sangat mudah dicegah. Penyebab utama dari semua

masalah itu adalah gesekan antara kulit dan benda asing.

Para penari juga mengalami pengerasan pada kulit sekitar jari kaki (corn), sebuah benjolan pada jari kaki yang menyakitkan. Daerah yang terkena corn menjadi keras dan kulit menjadi tebal. Kulit disekitarnya menjadi kuning, terlihat seperti terdapat cincin melingkarinya. kulit yang berada di tengahnya menjadi abu-abu. Hal itu terbentuk karena memakai sepatu sempit yang membuat tekanan disekitar daerah jari. Gesekan dari sepatu tersebut yang menyebabkan masalah ini. Dalam kasus ini, kita harus mengganti sepatu dengan yang lebih nyaman.

Corn membutuhkan waktu yang lama untuk hilang. Bantalan yang berbentuk donat bisa dipakai di dalam sepatu untuk mencegah gesekan. Bantalan dengan asam salisilat sangatlah direkomendasikan. Jika corn sangat menyakitkan, maka kita harus mengunjungi ahli penyakit kaki.

Banyak orang yang mengeluhkan kapalan setelah menyekop atau menyapu daun-daun. Gejala-gejalanya adalah daerah yang terkena mengalami pengerasan kulit dan mirip dengan corn. Tekanan yang berulang-ulang akan menebalkan kulit yang mengeras dan berwarna kuning atau keabu-abuan. Sebenarnya hal itu berperan sebagai lapisan pelindung. Pesenam dan gitaris sering menjadi korban kapalan. Pesenam mendapatkannya saat mereka berlatih menggunakan palang tidak sejajar dan gitaris mendapatkannya saat bermain dengan senar gitar secara terus-menerus. Namun saat kapalan terbentuk, hal itu malah membantu mereka. Pesenam dapat berayun ke palang secara lebih mudah dan gitaris bisa memainkan gitarnya dengan baik.

Ketika kapalan terbentuk pada kaki, terutama pada telapak, bisa sangat menyakitkan saat dipakai melangkah. Mereka terbentuk pada bola atau pada lengkungan telapak kaki, yang mengikuti jari kaki. Terkadang mereka bisa terbentuk pada tumit atau pada jari kecil. Untuk menghindari kapalan kita dianjurkan untuk menghindari sepatu yang kekecilan dan sepatu hak tinggi. Keduanya menempatkan tekanan dan tegangan pada titik-titik tertentu. Kapalan dapat dihilangkan dengan merendam pada air hangat dan kemudian di gosok dengan batu apung. Hal ini akan menghilangkan kulit yang mati.

Melepuh biasanya disebabkan saat kita memakai sepasang sepatu yang baru, secara umum mereka menyebabkan tekanan dan gesekan. Melepuh bisa terjadi lebih mudah jika dibandingkan dengan kapalan. Terjadi bengkak dengan cairan di dalamnya dan bisa terjadi di tangan atapun kaki. Jalan terbaik untuk menghindarinya adalah menggunakan alat pelindung seperti sarung tangan saat melakukan pekerjaan yang berat, seperti saat menyekop/ mencangkul atau bahkan saat mengendarai motor atau sepeda. Jika lepuhan tidak segera dirawat, mereka akan tumbuh lebih lanjut menjadi kapalan. Ini terjadi ketika kita memakai sepasang sepatu yang sama setiap hari, yang telah menyebabkan lepuhan pada tempat pertama. Lepuhan dapat sembuh sendiri setelah beberapa waktu. Mereka harus dibersihkan secara teratur dan dijaga tetap bersih dengan membungkusnya dengan perban.

Di dalam kasus corn, kapalan dan melepuh, mencegah lebih baik daripada mengobati. Pertama-tama, alat pelindung seperti sarung tangan kerja harus digunakan ketika melakukan pekerjaan yang berat. Sepatu yang sempit tidak boleh dipakai untuk menghindari corn dan kapalan. Peneliti mengatakan bahwa kaki berada pada ukuran maksimal saat siang hari. Sehingga sangat disarankan untuk membeli sepatu pada saat siang hari.

Anda juga harus mencoba sepasang sepatu baru terlebih dahulu  sebelum memutuskan untuk membelinya. Sepasang sepatu yang sama tidak boleh dipakai secara terus menerus. Bantalan sepatu dapat dipakai untuk menghindari tekanan berlebihan.